BanggaiKab.go.id – Sebanyak 128 orang CPNSD (Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah) kabupaten Banggai ikut diklat (pendidikan dan pelatihan) prajabatan. Diklat yang diperuntukan bagi CPNSD formasi khusus dokter, bidan dan penyuluh pertanian itu, dibuka oleh Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo di ruang pertemuan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Banggai, Senin (12/3/2018).

“Sejalan dengan upaya membentuk sosok aparatur sipil negara yang profesional, maka kehadiran sebuah diklat merupakan salah satu metode untuk menjembatani kesenjangan antara kemampuan rill aparatur dengan kompetensi jabatan yang dipersyaratkan,” tutur Wakil Bupati Mustar Labolo.

Dia tambahkan, diklat ini juga merupakan salah satu agenda yang menjadi syarat utama bagi seorang CPNS untuk dapat memasuki jenjang PNS secara utuh. Apalagi lanjutnya, diklat prajabatan kali ini mengunakan pola baru. Dimana secara garis besar, terdapat beberapa perubahan yang terkait dengan metode evaluasi, pembelajaran kurikulum dan teknik-teknik internalisasi nilai-nilai dasar.

Wakil bupati berharap, dengan peningkatan sumber daya manusia yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Banggai ini, peserta prajabatan bisa memahami dan menerapkan misi pertama pemerintah daerah kabupaten Banggai yakni menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih menuju pemerintahan yang berwibawa. Yang lebih ditekankan lagi, semua CPNSD diwajibkan untuk menghafal visi dan misi pemerintah daerah kabupaten Banggai.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Tengah, Rifailof, merasa senang dan bangga bisa berada di Luwuk. Apalagi katanya, kegiatan diklat prajabatan yang dilaksanakan oleh BPKSDM Kabupaten Banggai dengan fasilitas pemerintah yang siap. Dan hal ini sebagaimana yang diarahkan dan perintahkan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

“Sarana dan prasarana di Luwuk sudah sesuai standar diklat yang ditentukan oleh LAN RI, sehingga pelaksanaan diklat prajabatan bagi CPNSD Kabupaten Banggai sudah sangat layak,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Banggai, Soffian Datu Adam kepada koran ini mengatakan, jumlah peserta diklat prajabatan itu terdiri dari 4 angkatan dengan total 128 orang dari kalangan dokter, bidan dan penyuluh pertanian.

“Peserta diklat prajabatan sebanyak 128 orang terdiri dari 4 angkatan dengan bidang keilmuan dokter, bidan dan penyuluh pertanian,” jelas mantan kabag humas, protokol dan perjalanan setdakab Banggai. ***

 

LIPUTAN DISKOMINFO