BanggaiKab.go.id – Sebanyak 14 pejabat administrator eselon III.a dan III.b serta pengawas eselon IV.a pada lingkup pemerintah daerah Kabupaten Banggai, dilantik.

Pengambilan sumpah dan jabatan dipimpin langsung Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, yang disaksikan Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Mustar Labolo dan Dandim 1308 Luwuk Banggai, Letkol Inf. Sapto Irianto, SIP serta pimpinan organisasi perangkat daerah lainnya itu, digelar di ruang pertemuan umum kantor bupati Banggai, Kamis (12/10/2017).

Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM dalam sambutannya mengatakan, dalam dunia pemerintahan, rotasi dan mutasi merupakan hal biasa dan bisa dipahami sebagai bentuk penyegaran pada sebuah organisasi. Sehingga ketika seorang pejabat dipindahkan, itu merupakan hal biasa.

“Dalam dunia pemerintahan, sesuatu hal bisa dipahami ketika terjadi mutasi dan rotasi karena itu bentuk penyegaran pada sebuah organisasi,” ucapnya.

Bagi bupati Banggai, penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah sangat memberatkan bagi para pimpinan daerah, termasuk dirinya bersama wakil bupati Banggai, Mustar Labolo, dalam menentukan siapa figur pejabat yang akan menduduki suatu jabatan di pemerintahan.

Diakui pula, banyak putra daerah kabupaten Banggai yang memiliki potensi dan kemampuan untuk memimpin OPD, namun dengan perubahan struktur organisasi tidak mungkin semua akan terakomodir sesuai keinginan masing-masing, sehingga secara otomatis akan ada yang dikorbankan. Kendati demikian, Bupati Herwin Yatim berjanji akan berusaha untuk mencari solusi agar semua bisa terakomodir.

“Ketika pejabat diputuskan, sudah tentu ada korban. Hal ini tidak bisa kita sangkali, hal ini tidak bisa kita hindari. Saya dan wakil bupati tetap akan berpikir mencari jalan keluar dan mengusahakan agar tidak ada korban,” janjinya.

Lebih jauh dia mengatakan, dalam proses pencarian posisi jabatan dimaksud, sudah tentu membutuh waktu, sehingga dia berharap kinerja para birokrasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai misi pertama pemerintah kabupaten Banggai adalah menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih menuju pemerintahan yang berwibawa bisa dilaksanakan dan mengevaluasi diri serta tidak perlu melakukan gerakan tambahan.

“Saya mohon supaya kita bisa mengevaluasi diri. Bekerjalah seperti biasa dan wujudkan misi pemerintah kabupaten Banggai yaitu reformasi birokrasi menuju pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta tidak perlu melakukan gerakan tambahan” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM mengingatkan kepada seluruh pejabat yang dilantik dan yang telah menduduki jabatan untuk tidak menyia-yiakan amanah dan kesempatan yang telah diberikan oleh pimpinan. Sebab jika amanah tersebut tidak mampu dilaksanakan dengan baik sebagaimana visi dan misi, maka jangan salahkan bupati dan wakil bupati jika jabatan tersebut akan terlepas dengan sendirinya. Apalagi lanjut dia, di belakang masing sangat banyak pejabat yang mempunyai kompetensi masuk daftar tunggu. Karena dia tidak mau bermain-main untuk bersantai dan tidak melayani masyarakat.

“Saya ingin mengingatkan kepada mereka yang sudah diberikan amanah, tapi tidak mampu melaksanakan dengan baik, saya mohon maaf, saya dan wakil bupati punya waktu tertentu sebagai pimpinan daerah. Yang tentu saja dituntut oleh masyarakat untuk mewujudkan visi dan misi, mimpi kita. Menjadikan rakyat kabupaten Banggai lebih baik dan lebih sejahtera. Kami ada batas waktu dan kita tidak bisa bermain-main dibatas waktu itu. Oleh karena itu, kalau ada yang tidak berkesesuaian, yang penting kita sudah berikan kesempatan. Kalau kemudian tidak mampu, mohon maaf. Dibelakang masih sangat banyak pejabat yang mempunyai kompetensi yang masuk daftar tunggu. Kami mau terus memelihara kebersamaan ini, tapi kalau tidak mampu mempertahankan kebersamaan tersebut dalam wujud nyata kerja pelayanan prima kepada masyarakat, kase tau kamari, supaya kami berikan tempat yang layak,” tegas bupati Banggai. ***

 

 

NAMA – NAMA PEJABAT ADMINISTRATOR ESELON III.A DAN III.B SERTA PENGAWAS ESELON IV.A PADA LINGKUP PEMERINTAHAN DAERAH KABUPATEN BANGGAI YANG DILANTIK

 

No nama jabatan BARU
1. Ir. Muh. Mursal Dj Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Banggai
2. Sumitro Balahanti, S.Sos Camat Pagimana
3. Drs. Mukhsin Camat Batui Selatan
4. Faisal Maurani, SH Inspektur Pembantu Wilayah III Inspektorat Kabupaten Banggai
5. Aris Katalasik, SH Sekretaris Camat Masama
6. Badrun Yusuf, S.Sos Kepala Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banggai
7. Joni Saada, SE Kepala Bidang Bina Usaha, Perizinan Badan Usaha dan Pelaku Usaha Dinas Perdagangan Kabupaten Banggai
8. Andi Nur Asiah, ST.,MM Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Banggai
9. Ruaida Ahmad, Bsw.,S.Sos Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai
10. Ir. Syamsuddin Rivai Unok Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Banggai
11. Rahmawaty Madja, SH.,M.Kn Kepala Sub Bagian Bantuan Hukum dan Kerja Sama Bagian Hukum dan Perundang-undangan Setdakab Banggai
12. Trasno, SH.,M.Kn Kepala Seksi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa DInas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banggai
13. Arifin Radjab, S.Sos Kepala Sub Bidang Kesiapsiagaan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banggai
14. Sobiyati, S.Sos Kepala Sub Bagian Sumber Daya Alam Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdakab Banggai

 

 

 

 

Liputan : Diskominfo