BanggaiKab.go.id-Menghadiri prosesi wisuda 524 sarjana baru Universitas Tompotika ke XXIV, Rabu (24/05/2017) Bupati Banggai Ir Herwin Yatim MM menyampaikan harapannya, agar sarjana baru mampu berkreasi dengan membuka peluang usaha untuk memajukan perekonomian daerah. Terutama dalam penerapan disiplin ilmu yang telah diperoleh selama masa perkuliahan. Bahkan, pemerintah daerah bisa memfasilitasi jika memang ada kebutuhan putra putri terbaik daerah untuk membuka peluang usaha.

BERI SAMBUTAN: Bupati Banggai Ir Herwin Yatim MM saat memberikan sambutan pada acara wisuda 524 sarjana baru Universitas Tompotika Luwuk, Rabu (24/05/2017).

Bantuan fasilitasi pemerintah daerah yang dimaksud ialah memudahkan para sarjana baru yang ingin membuka peluang usaha dan membutuhkan dana dari kredit bank. Ia menjelaskan dengan kerjasama pemerintah daerah bersama sejumlah bank yang ada di Kabupaten Banggai, maka pihaknya bisa membantu untuk memudahkan para sarjana baru yang ingin membuka kredit usaha di bank. “Anggaran kita saat ini dibagi ke sejumlah bank untuk tempat penyimpanannya. Jadi saya kira ketika nanti kita minta bantuan itu bisa dilaksanakan,” tuturnya.

Bupati Herwin juga menekankan para wisudawan dan wisudawati harus benar-benar mengaplikasikan kemampuan yang diperoleh di bangku pendidikan. Sebab, kampus adalah tempat menimbah ilmu, tetapi kehidupan bermasyarakat adalah tempat untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diperoleh selama menempuh pendidikan sarjana. “Wisudawan dan wisudawati ini juga merupakan kader-kader terbaik daerah. Oleh karena itu harapan besar ada pada mereka,” ungkapnya.

Dalam prosesi wisuda yang dihadiri perwakilan dari Kopertis wilayah 9 tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama (MoU) antara Untika Luwuk dengan perwakilan pemerintah daerah Kabupaten Banggai Kepulauan dan perwakilan pemerintah Kabupaten Tojo Una-una dengan disaksikan Bupati Banggai dan sejumlah tamu undangan.

Tak hanya itu, dalam sambutannya Bupati Banggai Ir Herwin Yatim MM juga memberikan angin segar  terhadap sejumlah wisudawan dan wisudawati yang selama ini menjadi seorang honorer di Kabupaten Banggai. Bupati Herwin menuturkan para honorer yang baru saja lulus dan menjadi sarjana agar bisa bertahan dan nantinya bakal dipertimbangkan untuk segera diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2018. Hanya saja, kata Herwin, pengangkatan itu bakal dilakukan bertahap sebab harus disesuaikan dengan anggaran pemerintah daerah.

“Wisudawan dan wisudawati yang menjadi honorer saya tekankan 2018 akan ada pengangkatan honorer. Tapi diangkat pelan-pelan, disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah. Kalau keuangan sudah membaik maka bisa diangkat semua,” ungkapnya disambut aplaus hadirin wisuda saat itu.

Itu dilakukan pemerintah daerah sebagai bentuk kepedulian terhadap para honorer yang sudah mengabdi bertahun-tahun namun belum juga terangkat menjadi ASN. “Kalau menunggu SK dari pusat itu akan lama. Karena sampai saat ini masih ada moratorium. Jadi saya dan pak wakil bupati bersepakat untuk mengangkat para honorer di tahun 2018. Sebab, kami tidak tega melihat mereka yang mengabdi hanya dengan yang nilainya kecil. Itu yang menjadi perhatian kami,” paparnya.

Tak hanya itu, Bupati Herwin juga mengungkapkan berdasarkan hasil koordinasi dengan beberapa orang kementerian ternyata di daerah kita masih banyak titik-titik sumur migas yang jauh lebih baik. Oleh karena itu, Ia berharap kedepan bisa menjadi salah satu aset daerah yang mampu menyerap tenaga kerja. “Jadi kepada para wisudawan dan wisudawati sampaikan pesan saya ke orang tua. Jangan cepat-cepat jual tanah. Jangan tergiur dengan harga saat ini karena masih banyak sumber-sumber migas di daerah kita. Saat ini baru di dataran Toili dan Batui, belum kita lihat di kecamatan lain seperti Balantak,” imbuhnya.

Diakhir sambutannya, Bupati Herwin berharap dukungan semua elemen untuk dapat menopang program pemerintah sehingga dapat berjalan baik. Sebab, semua program yang dibuat pemerintah bertujuan untuk mensejahterakan rakyat. (*)

 

 

Laporan: Diskominfo Banggai