BanggaiKab.go.id – Sebanyak 39 aparatur sipil negara (ASN) yang tergolong dalam Pejabat Tinggi Pratama (eselon II) di Pemerintahan Kabupaten Banggai mengikuti seleksi jabatan yang dipimpin Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tengah Dery Djanggola, Senin (24/7/2017) di Bagian Umum Setda Banggai.

Pada kegiatan tersebut, sejumlah ASN mengikuti seleksi dengan tahapan wawancara yang dilakukan oleh panitia seleksi. Dalam sambutannya, Sekprov Derry Djanggola mengatakan bahwa panitia seleksi eselon II adalah mutlak hak preogratif bupati. Namun, menurutnya, Bupati Banggai Ir Herwin Yatim MM lebih mengedepankan aturan yang berlaku di tatanan ASN dengan melakukan seleksi terbuka kepada para pejabat yang ada.

“Eselon II adalah kewenangan Bupati. Tapi karena beliau (bupati,red) lebih mengedepankan aturan yang berlaku di tatanan ASN, sehingga tetap dilakukan seleksi dengan penilaian dari panitia. Itu hak mutlak,,” kata Derry dalam sambutannya. Meski panitia seleksi (Pansel) melakukan penilaian terhadap sejumlah ASN eselon II, namun pada penempatannya nanti tetap bergantung kepada Bupati dan Wakil Bupati sebagai user. “Nantinya bupati dan wakil yang akan menentukan susunan kabinet baru sebagai user,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Banggai Ir Herwin Yatim MM. Pada beberapa kesempatan saat bertatap muka dengan masyarakat, menyampaikan berkali-kali. Harapan akan pejabat yang tanggap menyelesaikan persoalan rakyat. dimana Bupati menekankan agar para pejabat jangan sampai kurang respon,  kurang tanggap dan kurang responsif.  Tetapi Setiap Pejabat wajib tampil maksimal. “Sebagai pejabat kita itu harus melayani rakyat”. Kapan saja kita harus tanggap atas persoalan yang terjadi, kalau tidak, maka ke depan siap-siap saja diganti,” . Memaknai penyampaian tersebut, dapat diketahui kriteria dasar yang menjadi tolak ukur Bupati Banggai dalam penempatan pejabatnya.

Liputan : Diskominfo