Tangerang Selatan– Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Banggai terus berupaya mewujudkan Kabupaten Banggai sebagai salah satu kabupaten/kota berkategori smart city dalam program Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 yang digalakkan oleh Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Kemendag RI, Bappenas, Kemenpan, dan IT Media Kompas Gramedia.

Dalam kunjungannya bersama staf IT Dinas Kominfo Banggai saat menghadiri kegiatan Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 di Gedung Pusat TIK Nasional (PUSTIKNAS), Tangerang Selatan, Kamis (22/2/2019), Kepala Dinas Kominfo Banggai Jayadin mengatakan saat ini Kabupaten Banggai tengah berupaya melengkapi setiap aspek dari smart city tersebut guna menuju Smart 100 City 2019.

Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 merupakan program yang ditujukan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam ekosistem smart city. Pelaksanaannya tahun ini telah memasuki tahap III dan diikuti oleh 107 kabupaten/kota. Selanjutnya Kementerian Kominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, akan melakukan penilaian (assessment) untuk memilih 25 kabupaten/kota yang dapat dijadikan teladan (role model) dalam mengimplementasikan program tersebut. Provinsi Sulawesi Tengah diwakili oleh Kota Palu dan Kabupaten Banggai.

Herry Abdul Azis, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kemkominfo saat bertatap muka dengan perwakilan-perwakian Dinas Kominfo daerah mengingatkan akan pentingnya komitmen setiap  Pemerintah Daerah dalam mendukung implementasi gerakan smart city ini.

  

Liputan: Diskominfo Kab Banggai