Luwuk, BanggaiKab.go.id – Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Banggai Tahun Anggaran 2018 diterima oleh Anggota DPRD Kabupaten Banggai.

Ada 8 point yang diutarakan oleh Juru Bicara Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Banggai, Zaenuri, SE, pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Banggai, yang digelar di ruang sidang Gedung DPRD Kabupaten Banggai, Senin (27/5/2019) malam.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Banggai dalam acara Laporan Hasil kerja Pansus atas LKPJ Bupati Banggai Tahun Anggaran 2018 itu, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Banggai, H. Samsul Bahri Mang, SE,.SH,.MM dan dihadiri oleh Bupati Banggai, Dr (cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM  dan Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Mustar Labolo, Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Ir. Abdullah, M.Si serta kurang lebih 24 anggota dewan dan pemimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sebelum dokumen LKPJ Bupati Banggai Tahun Anggaran 2018 dinyatakan terima oleh Ketua DPRD Banggai beserta anggotanya, terlebih dahulu Juru Bicara Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Banggai, Zaenuri, SE, diberikan kesempatan untuk membacakan laporan hasil kerja panitia khusus DPRD Kabupaten Banggai terhadap LKPJ Bupati Banggai.

Dalam kesempatan itu, anggota legislatif asal daerah pemilihan 3 dari partai PDI Perjuangan ini mengatakan, panitia khusus dibentuk oleh pimpinan rapat paripurna DPRD Kabupaten Banggai dan telah bekerja pada Rabu (22/5/2019) lalu, yang terdiri dari Komisi III dan perwakilan fraksi-fraksi.

H. Saripudin Tjatjo, SH dari fraksi Golkar dipercayakan sebagai ketua pansus dengan kurang lebih 14 anggota masing-masing, Zaenuri, SE, Masnawati Muhammad, SE, Winancy Ndobe, SE, Mursidin, A.Ag.,M.Pd, Yenny Lyanto, SE, Irwanto Kulap, SE, Lisa Sundari, SE, H. Muhtar Dari, SH, Sucipto, H. Oskar R. Paudi, SH.,MM, Su’dan Latjeno, SE, Irpadin B. Oneng, SH, Dewi Shintana Matorang dan Lely Tiara Rajagungguk, SE.

Kelima belas anggota legislatif periode 2014-2019 ini melakukan penelitian secara mendalam dan mengkaji serta membahas secara cermat substansi dan kandungan materi yang terkandung di dalam LKPJ Bupati Banggai tersebut, sebagaimana diatur dalam Peraturan pemerintah Nomor 13 Tahun 2019.

Dari delapan point tersebut, semuanya hanya bersifat saran dan harapan kedepan agar pemerintah daerah Kabupaten Banggai dibawah kepemimpinan WINSTAR, benar-benar memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Saran dan harapan serta keinginan anggota DPRD Banggai yang tertuang dalam laporan hasil kerja pansus dan rekomendasi disambut baik oleh Bupati Banggai, Dr (cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM.

Menurut orang nomor satu di kabupaten berpenghasilan migas dan lumbung beras ini, usaha dan kerja keras yang dilakukan oleh pemerintah daerah kabupaten Banggai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah cukup maksimal. Itu terbukti dengan keberhasilan-keberhasilan yang mengharumkan nama baik kabupaten Banggai dikanca nasional hingga internasional. Namun lanjut bupati, wajar saja jika tidak semua merasa puas dengan pelayanan tersebut. Tapi yang pasti saran dan harapan yang disampaikan tersebut akan dijadikan sebagai bahan koreksi kedepan untuk lebih baik lagi.

Apalagi tahun ini, kabupaten Banggai kembali berhasil mendapat penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah Tahun 2018.

Penghargaan WTP ini sudah masuk pada tahun ke tujuh. Artinya, pelaksanaan pemerintahan kabupaten Banggai harus lebih maksimal lagi, sebab kreteria penilaian sudah semakin meningkat sehingganya dibutuhkan kerja keras semua pihak, termasuk peran serta anggota DPRD Banggai.

Usai memberikan sambutan, Bupati Banggai yang didampingi Wakil Bupati Banggai berkenan memberikan dokumen LKPJ Tahun 2018 kepada Ketua DPRD Kabupaten Banggai. (***)

 

Tim Liputan Media Diskominfo Banggai