Banggai kab.go.id_ Mengawali shalat tarwih  pada malam  perdana puasa, sejumlah jamaah dengan antusias menyambut datangnya bulan ramadhan, bulan yang penuh berkah untuk umat muslim, bertempat di masjid agung An-Nur, Jl.Letjen. MT. Haryono, Luwuk Kabupaten Banggai, Rabu (16/05/2018) malam.

Turut bersama dalam pelaksanaan Shalat isya dan dirangkaikan Shalat Tarwih secara berjamaah,  Badan Tamir masjid agung An-Nur Luwuk, PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Kabupaten Banggai, MUI ( Majelis ulama Indonesia) Kabupaten Banggai, Kemenag Kabupaten Banggai, Majelis Ta’lim An-nur luwuk dan ratusan jamaah yang terdiri dari shaf laki-laki dan perempuan.

Sebelum ceramah, dilakukannya penyampaian oleh Badan Ta’mir masjid agung, “Instruksi dari bupati, ini secara khusus setiap orang yang mau berbuka puasa, ada layanan yang diberikan untuk masyarakat lewat Organisasi perangkat daerah yakni buka bersama di masjid agung An-Nur Luwuk Kabupaten Banggai,”Ungkap Suleman. D, Salah satu anggota Badan Tamir Masjid Agung An-Nur Luwuk.

“Ada sekitar 300 Dus Takjil (makanan/minuman pembuka puasa) yang akan kami sediakan dan di tambah dengan pemberian dari sukarelawan,”Pungkasnya

Selain itu, Pesan Bupati yang disampaikan langsung oleh Badan Ta’mir Masjid yakni; dalam tahapan pembangunan atau renovasi Masjid, demi lancarnya kegiatan peribadatan, diharapkan bekas bangunan yang menghalagi para jamaah lekas di selesaikan, dan lebih di tingkatkan lagi soal keamanan di areal masjid,

Halaman Masjid agung An-Nur Luwuk Kabupaten Banggai, [Foto, Tim media BerandaBanggaiKab.go.id]
Sementara itu, untuk keamanan masjid, menurut Suleman saat ini masjid tersebut sudah dipasang CCTV untuk menghindari tindak kejahatan dan penjagaan keamanan di areal dan di dalam masjid.

Firmansyah selaku Kepala kantor kementrian agama Kabupaten Banggai dalam Tausyiah ramadhan mengatakan, di perintahkan untuk setiap warung makan, cafe dan restoran siap saji agar tidak membuka usahanya pada siang hari, terkecuali sudah menjelang magrib, di karenakan akan menggangu orang yang akan menjalankan ibadah puasa.

Firman menambahkan, “kita sebagai umat muslim yang taat, harus menjaga tali silaturahmi, harus bersatu dan menebarkan kedamaian, karna Islam adalah rahmatan lilalamin, Rahmat untuk semua, Terangnya, cara menjaga persatuan dan kesatuan adalah tidak menyebar informasi yang tidak bermanfaat atau informasi yang mengandung unsur Hoax ( informasi yang bohong),

Selepas penyampaian Tausyiah, di laksanakannya Sholat Tarwih secara berjamaah dan berjalan lancar dengan penuh khusu.

Liputan Ramadhan