banggaikab.go.id – Kinerja Pemerintah kabupaten Banggai didalam proses pembangunan semakin “digenjot” oleh Bupati Banggai, H.Herwin Yatim. Berlokasi di ibu kota negara, 13/7 Rabu, Bupati banggai membahas tentang dasar dan pengembangan pembangunan kota cerdas atau yang sering disebut SMART CITY.

Didampingi oleh beberapa pejabat lingkungan pemda, Bupati Banggai memaparkan tentang Banggai secara padat. dihadapan produsen dan manufaktur terkemuka didunia, “International Business Machines Corporation (IBM)” Bupati Banggai juga tidak ketinggalan membahas tentang tingkat pemenuhan kebutuhan Kabupaten Banggai terhadap bidang teknologi, Bupati menyampaikan bahwasannya sepatutnya pemerintah mampu mengantarkan asass manfaat teknologi untuk dapat menjangkau lini-lini kehidupan masyarakat secara prinsipil, agar berkontribusi terhadap penurunan angka ketertinggalan teknologi dan sosial.

Perusahaan yang didirikan sejak tahun 1911 kali itu hadir dengan komposisi sangat siap, terdiri dari IBM Principles, Bidang Teknologi and Best Practice, dan Bidang penguasaan teknologi IBM untuk Smart City. Didalam pembahasan tersebut, Perusahaan penemu project smarter yang telah berhasil membangun sistem smarter di lebih dari dua ribu (2000) kota di dunia itu, oleh Rudi Suryadi. IBM Principle Indonesia, juga turut menyampaikan bahwasannya “Solusi Smart City sangat bervariatif tergantung pada sector apa yang lebih dulu di prioritaskan.” hal tersebut langsung direspon cepat, Bupati Banggai mengatakan “.Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Kelautan dan Kependudukan adalah prioritas yang harus di selesaikan lebih dulu”. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Drs. Natalia Patolemba, M.Si, pun turut menyampaikan progres pengerjaan yang sedang berjalan, dimana Diskominfo Banggai saat ini sedang membangun Sarana dan Infrastruktur jaringan tertutup Pemerintah Kabupaten, “Sebelum IBM bersama Principle juga teman teman lainya “Visit Banggai” target pelaksanaan project jaringan dasar kita sudah selesai”. sehingga sudah sangat dimungkinkan untuk memulai project Smart Banggai Regency tersebut.

Setelah pembahasan yang memakan waktu hingga petang menjelang. terbangunlah kesepahaman bahwa IBM siap bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banggai dalam Project Banggai Smart Regency.

 

Liputan: Diskominfo