BANGGAIKAB.GO.ID – Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Ir. Abdullah, M.Si membuka kegiatan Banggai Momposaangu, yang digelar di Teluk Lalong Luwuk, Sabtu (23/12/2017) malam.

Kegiatan pentas seni yang diprakasai oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai ini merupakan apresiasi seni tradisonal  melalui pentas teater, tari, music, puisi dan silat tradisional untuk bersatu dalam keseragaman budaya dan kearifan lokal yang ada di kabupaten Banggai.

Pada saat membuka kegiatan tersebut, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Ir. Abdullah, M.Si kesempatan membacakan sambutan Bupati Banggai, Ir. Herwin Yatim, MM.

Menurut Bupati, selaku pemerintah daerah kabupaten Banggai sangat menyambut baik kegiatan ini, karena pada satu sisi merupakan upaya generasi muda untuk menyalurkan bakat dan keterampilan seni yang dimiliki.

“Disisi lain, dengan adanya kegiatan ini kecenderungan terjadinya hal-hal yang menjurus kearah negatif yang dilakukan oleh para pemuda dapat dihindarkan, paling tidak dapat diperkecil,” katanya.

Sehingga Bupati Banggai, Ir. Herwin Yatim, MM, berharap agar pelaksanaan Banggai Momposaangu bisa terlaksana guna menumbuhkembangkan kretarivitas pemuda serta melestarikan budaya dan kearifan lokal.

Pada kesempatan itu juga Bupati berpesan agar pada saat pelaksanaannya panitia atau peserta lomba tidak hanya menampilkan senin music yang bersifat kormesial belaka, tapi hendaknya dapat juga menampilkan seni-seni tradisionalnya yang mengambarkan kebhinekaan budaya yang dimiliki oleh daerah ini yakni Babasal (Banggai, Balantak dan Saluan).

Sementara itu, Ketua Panitia Banggai Momposaangu, Yusriani Jangoh dalam laporannya mengatakan, kegiatan pentas seni tradisional diikuti oleh beberapa sekolah lanjutan tingkat atas di dalam kota Luwuk dan komunitas seni lainnya seperti, SMA Negeri 3 Luwuk, Komunitas Seni Rompong dibawah pimpinan Subrata Kalape, Art Polabitan Untika, Studio Seni Budaya Banggai, Sanggar Seni Lintang, Lipu Tompotika dan Kansel Tano Nambo. Sedangkan lomba mengambar dan mewarnai diikuti pelajar TK dan SD. Sementara lomba fotographi smartphone diikuti oleh seluruh masyarakat Kabupaten Banggai. (***)

 

Liputan : Diskominfo