BanggaiKab.Go.id, Balantak– Tak hentinya upaya Pemerintah Kabupaten Banggai dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya kelompok nelayan yang saat ini menjadi semakin berkembang, dikarenakan komitmen yang berkesesuaian dengan Visi Misi daerah tersebut. Bupati Banggai DR. Ir. H. Herwin Yatim yang didampingi oleh wakilnya H. Mustar Labolo pada kesempatannya, secara langsung memberikan bantuan kepada kelompok nelayan berupa alat pukat ikan dan Kartu Nelayan Sejahtera (KNS), Selasa (03/09/2019) siang tadi. Bertempat di Gedung Balai Pertemuan Kecamatan Balantak Utara.

Kegiatan yang digelar Dinas Perikanan tersebut dirangkaikan juga dengan sosialisasi Kartu Nelayan Sejahtera (KNS) dan asuransi nelayan tahun anggaran 2019.

Turut bersama Kepala OPD, Sekretaris Dinas Perikanan, Assisten Bupati Banggai, Kelompok Nelayan Kecamatan Balantak Utara dan Selatan, Tokoh Masyarakat, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa.

Bupati Banggai H. Herwin Yatim menyampaikan, bentuk bantuan ini bersifat sebagai stimulus dan sebagai suatu upaya Pemerintah Daerah yang berdasarkan usulan yang ada dan diberikan secara khsusus kepada kelompok nelayan.

“Harapan kami sebagai Pemerintah Kabupaten Banggai bahwa, kelompok-kelompok nelayan ini sudah semakin membaik, sudah bisa mandiri dan sudah bisa lebih hebat lagi dalam melakukan aktifitas pengelolaannya,”ucapnya.

Bupati Banggai H. Herwin Yatim saat memberikan sambutan di hadapan sejumlah nelayan Kecamatan Balantak, [FOTO, Tim Media]
Lanjutnya, seharusnya sudah bisa mandiri dari tahun ketahun, ibarat anak dari kecil dirawat untuk bisa berkembang, setelah tumbuh dewasa dirinya sudah mengetahui masa tumbuhnya dan dampak tersebut itu sepadan dengan nelayan yang pada umumnya yang  jauh lebih baik.

Sementara itu, Bupati Banggai dalam pidatonya berpesan kepada Dinas Perikanan agar kerja dengan maksimal, bimbing dan terus arahkan nelayan dalam pencapaian mereka,”Jangan sampai kita sudah kerja diatas awan tetapi tidak membumi kebawah”tambahnya.

Sekretaris Dinas Perikanan Melpih K. Mandagi menjelaskan, selain KNS dinas menganggarkan berupa asuransi untuk nelayan. Nelayan harus bangga dengan profesinya saat ini, karena berkat hasil tangkapan hasil laut bisa mensejahterakan masyarakat Kabupaten Banggai khususnya Kecamatan Balantak Utara dan Selatan.

“Tetaplah berusaha dan lebih baik, karena nelayan Kabupaten Banggai juga mendapat perhatian dari Dirjen KKP, itu berkat Bupati Banggai,”tutur Melpih.

Usai memberikan bantuan, Bupati Banggai didampingi oleh Wakil Bupati Banggai foto bersama dengan sejumlah nelayan setempat. (BY)**

Berikut bantuan yang diserahkan yakni;

  • 10 unit caillnet kepada K.N Sinar Laut (Desa Tombos Kecamatan Balantak Selatan)
  • 10 unit caillnet kepada K.N Subuh (Desa Dondo Kecamatan Balantak Selatan)
  • 10 unit Tramelnet kepada KN. Mosaangu (Kelurahan Talang Baru Kecamatan Balantak)

 

TIM MEDIA DISKOMINFO KABUPATEN BANGGAI