BanggaiKab.go.id – Bersama kita bisa wujudkan Adipura Kencana Tahun 2018, demikian tema yang diambil panitia launching Pinasa Ron Kelurahan yang digelar di ruang terbuka hijau (RTH) Taman Kelapa Dua Luwuk, Jumat (13/10/2017).

Aksi bersih-bersih kota Luwuk mendapat dukungan dari berbagai kalangan, mulai dari dunia pemerintahan hingga kalangan masyarakat. Hal itu terlihat kehadiran Ketua DPRD Kabupaten Banggai, H. Samsul Bahri Mang, SE.,SH.,MM, forkopimda kabupaten Banggai, Ketua Tenaga Kerja Bongkar Muat Pelabuhan Rakyat Luwuk, Rasyid Diko, Lsm Gabungan Aktivis Mantailobo, SPTI(Serikat pekerja transport Indonesia) dan seluruh lurah se kabupaten Banggai, pada acara yang dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pelayanan Publik dan Rekayasa Sosial Setdakab Banggai, Ir. Pujo Lesmono, MM, Sip, mewakili bupati Banggai.

Dalam sambutannya, mantan kepala dinas kehutanan ini mengucapkan terima kasih atas apresiasi semua pihak sehingga terselenggaranya launching pinasa ron to kelurahan ini. Diakui Pujo, lokasi yang telah dibangun RTH Kelapa Dua ini dulunya menjadi lahan pemukiman warga yang kumuh dan terlihat sangat mengganggu keindahan kota Luwuk. Namun dengan seiring waktu, maka pemerintrah daerah berupaya untuk melakukan perubahan dengan menata kembali tempat tersebut.

“Dengan dibangunya RTH Kelapa Dua ini, saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjaga tempat ini dan diharapkan kegiatan serupa dapat dilakukan di keluruhan-kelurahan lainnya,” ucap Pujo.

Ajakan serupa yang disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Samsul Bahri Mang. Bagi dia, menjaga dan melestarikan kota Luwuk sangatlah penting untuk kehidupan yang lebih indah dan hidup bersih.

Dalam kesempatan serupa, dia mengingatkan kepada seluruh pihak bahwa saat ini DPRD bersama pemerintah daerah kabupaten Banggai, telah menerbitkan peraturan daerah tentang kawasan tanpa rokok. Sehingga dia berharap, agar masyarakat tidak sembarang merokok. Melainkan merokoklah pada tempat yang telah ditentukan.

“Penerbitan perda menjelaskan tentang adanya kawasan-kawasan tertentu yang tidak bisa merokok sembarangan, selain menggangu kenyamanan dan dapat mencemarkan lingkungan sekitar,”pungkasnya.

Usai Pinasa Ron Kelurahan dimulai secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan penghijauan, penanaman  pohon di sekitar areal taman tersebut. ***

 

 

Liputan : Diskominfo