Jakarta– Sejumlah event pariwisata yang akan dilangsungkan di beberapa daerah di Sulawesi Tengah semakin mendekati waktu pelaksanaannya. Selasa (17/7/2018), Kementerian Pariwisata bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Tengah menggelar Launching Calendar of Event Central Celebes and Tour de Central Celebes 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta.
 
Mencermati tren pertumbuhan pariwisata di Sulawesi Tengah, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola berharap Sulteng dapat berperan menjadi pengungkit bagi Pesona Indonesia dengan sejumlah destinasi wisata andalan, seperti Pulau Togean, Danau Poso, pagelaran seni budaya dan Festival Pesona Palu Nomoni yang telah masuk dalam kalender pariwisata nasional.
 
Di sela acara launching, Wakil Bupati H Mustar Labolo bersama Kepala Dinas Pariwisata Paiman Karto yang hadir dalam acara tersebut ikut mendampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya saat melihat-lihat stan yang memajang sejumlah produk lokal asal Kabupaten Banggai.
 
Di hadapan para peserta, sajian tari dan musik tradisional khas Sulawesi Tengah ditampilkan untuk memeriahkan acara.
 
Melalui akun Instagram Kemenpar yang menayangkan siaran langsung acara launching, Menteri Arief Yahya menyampaikan dukungannnya kepada Pemprov Sulteng agar mendorong Bandara Mutiara Sis Aljufrie berubah status menjadi bandara internasional. Akses masuk ke daerah destinasi wisata menjadi salah satu perhatian Menteri Arief Yahya.
 
Tour de Central Celebes (TdCC) merupakan ajang balap sepeda bertaraf internasional yang diadakan di sejumlah Kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah. Tahun ini adalah gelaran ke-2 TdCC dan peserta akan menempuh jarak 740 Km yang terbagi dalam lima etape.
 
Para peserta (19 tim pebalap dari luar negeri dan 5 tim dari dalam negeri) akan melintasi alam Sulawesi Tengah yang bermula dari Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, sebagai titik start dan berakhir di Kota Palu. TdCC 2018 akan berlangsung 14-18 Oktober 2018.
 
Liputan: Diskominfo Kab Banggai