BanggaiKab.go.id,  Pemerintah Kabupaten Banggai yang dipimpin oleh Ir. H. Herwin Yatim,. MM selaku Bupati Kabupaten Banggai, telah berhasil mendulang kesuksesannya. Mulai dari beberapa penghargaan  yang telah di perolehnya,  juga dinobatkan sebagai kepala daerah terbaik dan berprestasi dan terus mengembangkan inovasinya secara cerdas untuk memajukan daerah yang dipimpinnya.

Herwin Yatim (Bupati Banggai) yang dikenal dekat dengan masyarakat itu terbilang sangat tanggap untuk terus mengembangkan daerah Kabupaten Banggai. Menurutnya di usia kepemimpinan kami yang baru berusia dua tahun ini, kami selaku Bupati dan juga Wakil Bupati telah berupaya untuk melakukan kerja nyata dalam mengemban amanah rakyat, kerja cepat dan taktis akan terus kami laksanakan dengan tujuan dan Kebijakan pembangunan yang telah kami rencanakan.

“Hingga saat ini telah ada 130 lebih Inovasi yang telah kami ciptakan di masa Kepemimpinan kami,”ungkapnya, saat memberikan pidato dalam peringatan HUT Kabupaten Banggai Yang ke- 58 tahun, di lapangan Alun-Alun Bumi Mutiara, Luwuk, senin (09/07/2018) kemarin.

Bupati Banggai menaiki mobil berplat DN 1, saat mengontrol barisan pada peringatan HUT Kabupaten Banggai yang ke 58. [Foto Istimewa]
Inovasi itu berada di berbagai sektor, mulai dari pendidikan, kesehatan, pertanian, UKM kecil/menengah hingga perbaikan birokrasi. Di sektor kesehatan, pemerintah daerah telah menciptakan posyandu Pra konsepsi yaitu Posyandu yang dimaksudkan khusus untuk mendukung 1.000 hari pertama kehidupan dengan upaya menekan angka kematian ibu dan bayi, serta bayi stunting yang merupakan satu-satunya dan pertama di indonesia. Dan juga kami telah mengintegrasikan Jamkesda ke BPJS, akan terus mencapai target 120.000 peserta. Kami meluncurkan Public Safety Center (Psc) Call 119, yakni layanan kesehatan gawat darurat 24 Jam.

Di sektor pelayanan administrasi publik, kami telah meluncurkan layanan keliling kependudukan dan catatan sipil, mobil layanan perizinan keliling, hingga aplikasi perizinan On Line. Di sektor pertanian, Kabupaten Banggai telah meluncurkan kartu petani dan kartu nelayan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap kesejahteraan dan pemberdayaan petani nelayan, menginisiasi program swasembada daging, hingga mengembangkan sektor perkebunan dengan diciptakannya varietas baru tanaman kelapa dalam yaitu kelapa babasal.

Kabupaten Banggai juga telah meluncurkan ekspor langsung ke luar negeri berupa komoditi kelautan. dan di sektor UKM, kami telah mengembangkan usaha Tenunan Nambo (Batik Nambo) dengan meningkatkan produksi serta melakukan promosi hingga ke luar negeri. kini, Tenunan Nambo dengan ke Khas-an ragam coraknya dan mampu menarik banyak peminatnya. Prestasi dan penghargaan dari berbagai pihak baik nasional maupun International atas apa yang telah kami kerjakan akan terus memacu semangat untuk terus berbuat Yang Lebih Baik Lagi. Katanya, On The Track menjadi Pencapaian kami untuk menjadikan daerah yang patut diperhitungkan di kancah regional Maupun Nasional.

Di sektor kebersihan Pemerintah Daerah mengangkat Program Gerakan Moral Pinasa, yang merupakan salah satu upaya untuk terus meningkatkan semangat dan  memberikan  ruang  apresiasi kepada masyarakat. kiranya peran dan partisipasi masyarakat, sangat berpengaruh besar terhadap segala perubahan dan peningkatan di kota Ini, khususnya Kualitas Lingkungan.

Turut Bersama dalam peringatan HUT Kabupaten Banggai yang ke-58 unsur Forkopimda, Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah  (Drs. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si), Ketua Dharmawanita Provinsi Sulteng, Ketua TP PKK Kab Banggai,Ketua Bhayangkari, Ketua Persit, Asisten, Staf Ahli Bupati, Pimpinan Bumn/Bumd,  Pimpinan Partai Politik, Organisasi Masyarakat dan Organisasi Pemuda, Tokoh Adat/Tokoh Masyarakat/Tokoh Agama/Tokoh Perempuan, ASN Kabupaten Banggai Selaku Peserta Upacara.

Visi pembangunan lima tahunan Pemerintah Kabupaten Banggai Adalah, “Menjadikan Kabupaten Banggai Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi, Pertanian Dan Kemaritiman Berbasis Kearifan Lokal Dan Budaya,” tambahnya, Visi ini kami maksudkan untuk mengemban amanah masyarakat Kabupaten Banggai dalam mewujudkan Banggai yang maju, sejahtera dan mandiri.

Selain itu, Saya (Bupati Banggai) menghimbau kepada seluruh aparatur pemerintah Kabupaten Banggai dan komponen masyarakat untuk bersama-sama saling bahu-membahu membangun Kabupaten Banggai dengan merapatkan barisan dan membangun persatuan yang kuat dalam jalinan tali persaudaraan dan rasa solidaritas yang tinggi, sehingga akan menciptakan suasana aman dan tenteram guna kelancaran kelangsungan pelaksanaan pembangunan di daerah yang kita cintai Ini.

 

(Sumber: Humas & Setda Kabupaten Banggai)

PETUGAS UPACARA HUT KAB BANGGAI Ke 58 TAHUN 2018

Komandan upacara : Kepala Bagian Pemerintahan & Otda (Pupung Diliyanto. S.STP. M Si).
Perwira upacara : Asisten Pemerintahan dan Sosial (Judi Amisudin .SH. M Hum).
Perwira Keamanan : Kasat Pol PP(Drs.Yuten Koleba. ME).
Pembaca Sejarah Singkat : Kepala Badan Kepegawaian & Pengembangan SDM.(Soffian Datu Adam SH).
Pembawa acara : Muklis Pampawa.
Pembawa Lambang : Pasukan PATAKA Pol PP
Pengibar Bendera Merah Putih : Paskibraka Kab. Banggai
Pembaca Do’a : Kemenag Kab. Banggai
Pembaca Undang – Undang Dasar 1945 : Tri Hendana Tici
Aubade : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan