BanggaiKab.go.id, Bualemo,- Upaya Pemerintah Kabupaten Banggai dalam hal kesejahteraan para petani menjadi prioritas utama. Pasalnya, tak hanya ribuan kartu petani sejahtera dan bantuan yang telah di bagikan, akan tetapi Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim juga mengajak sejumlah petani  untuk selalu manfaatkan program TORA (Tanah Objek Reforma Agraria) di Kabupaten Banggai.

Bupati Banggai mengatakan, pemanfaatan tanah untuk objek reforma agraria ini secara khusus untuk perluasan lahan hutan kedepan.

“Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan melepaskan sekurang-kurangnya 4,1 juta hektar (ha) lahan untuk masyarakat di sekitar areal lahan tersebut melalui pelaksanaan program Tanah Objek Reforma Agraria (TORA),” Ucap Bupati Banggai pada kegiatan panen raya jagung dalam pengembangan luas tambah (LTT) pada musim tanam  Oktober -Maret  2018/2019, di Desa Malik, Kecamatan Bualemo, Sabtu, (23/03/2019) Kemarin.

Sementara itu, Bupati Banggai juga mengingatkan dalam kunjungannya agar hasil panen raya para petani dikelola dengan sebaik-baiknya agar kedepan kwalitas komoditi tersebut dapat meningkat dan yang perlu petani perhatikan yakni selalu rajin menyimpan atau menabung di Bank yang telah Pemerintah rekomendasikan.

Bupati Banggai H. Herwin Yatim bersama petani saat memanen jagung tongkol siap panen di Kecamatan Bualemo, [Foto; Istimewa].
Hadir dalam kegiatan, Unsur Forkopimda, Kepala Opd, Camat Bualemo, Rektor Untika, Tokoh masyarakat, kelompok petani jagung beserta penyuluh, Perwakilan Dinas Pertanian & Perkebunan Provinsi Sul-Teng, Perwakilan Ibu Dharma Wanita, Kepala Desa, dan tamu undangan lainnya.

Camat Bualemo Irfan Milang dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih kepada Bupati Banggai yang telah peduli dan turut membantu para petani di Kecamatan Bualemo.

“Kartu petani sejahtera telah diterima sebagaimana mestinya dan sesuai dengan data, kami mengharapkan lagi agar Pemerintah kedepan dapat sama –sama menyelesaikan fasilitas sarana terutama jalan kantong produksi untuk para petani,”ungkapnya.

Diwaktu yang sama pada waktu sesi diskusi, Bupati Banggai sangat terkesan kepada ketua kelompok tani karna telah memberikan hibah tanahnya kepada Pemerintah Daerah seluas ½ hektar dan diminta agar dibangunkan gudang penyimpanan dan lantai jemur.**

 

 

 

(Tim Liputan Diskominfo)