Luwuk, BanggaiKab.go.id, Dengan ditandainya pemukulan Gong, Ir. H. Herwin Yatim, MM (Bupati Banggai) secara resmi membuka kegiatan program pengelolaan dan pengetahuan dan inovasi desa dalam agenda bursa inovasi desa, Rabu (07/11/2018) kemarin, bertempat di Convention hall Hotel Estrella , Kecamatan Luwuk Selatan Kabupaten Banggai.

Kepala Daerah yang mempunyai visi mewujudkan Kabupaten Banggai sebagai pusat pertumbuhan ekonomi pertanian dan kemaritiman berbasis kearifan lokal dan budaya itu mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Banggai, saya menyambut baik serta mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini, ucap Bupati Banggai, semoga kegiatan ini menambah pemahaman dan wawasan kita yang tentu saja program inovasi yang sudah kita laksanakan dimasing-masing Desa.

“ tujuan program pembangunan inovasi Desa yakni untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan ekonomi di Desa,” ungkapnya

Bupati Banggai menambahkan, kita patut bangga Kemarin (30/10) Kabupaten Banggai mendapatkan penghargaan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN RI) karena kita sudah di akui dan telah menilai daerah kita sebagai salah satu Daerah yang sangat berinovasi di indonesia ini, dengan total 197 inovasi.

Turut bersama unsur Forkopimda, Staff ahli Bupati Banggai, Sekretaris Daerah, Wakil Bupati Banggai, Pimpinan Perbankan, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Forkopimcam (Forum Komunikasi Pimpinan Camat), ASN lingkup Pemkab Banggai, Kepala Desa Se-Kabupaten Banggai, Panitia penyelenggara Bursa Inovasi Desa, perwakilan BUMN/BUMD, jajaran BPMPD, pendamping lokas Desa dan peserta Inovasi Desa.

Sementara itu, Ansar, Sp.,  Selaku Koordinator tenaga ahli P3MD Kabupaten Banggai mengemukakan tentang hal yang bisa membawa Desa jauh lebih baik lagi, “ Desa harus mempunyai Progress, yang tentunya akan mengahasilkan output yang luar biasa seperti; pengembangan Infrastruktur Desa, pengelolaan UKM binaan,” terangnya, manfaat yang bisa di rasakan dalam inovasi pengembangan infrastruktur yakni, PAD Desa itu dapat meningkat dan penyerapan tenaga kerja bisa teratasi secara signifikan.

Ansar Menilai, Sebaran inovasi desa dalam APBDes TA. 2018  dengan sejumlah pengembangan di kecamatan, Nuhon 8/20 (40%), Simpang Raya 1/12 (8%), Bunta 4/18 (23%), Lobu 2/10 (20%), Pagimana 1/30 (3,33%), dan yang belum adalah Bualemo.

Setelah Memberikan sambutan, Bupati Banggai bersama Unsur Forkopimda melakukan sesi foto bersama.