Luwuk, BanggaiKab.go.id,- -Setelah dipenuhi dengan kesibukannya, Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim menyempatkan waktu untuk membuka kegiatan kewirausahaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bekerja sama dengan Bank Sentral Republik Indonesia (BI) dalam penyusunan pembukuan sederhana dan penentuan harga pokok penjualan, Senin (19/11/2018) tadi siang, bertempat di Convention Hall Hotel Estrela, Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan.

Pada giatnya tersebut, Bupati Banggai menyampaikan, terima kasih Kepada Perbankan BI (Bank indonesia) atau yang mewakilkan dan kepada Pimpinan Dinas koperasi yang sudah mau mengarahkan untuk seluruh UMKM Kabupaten Banggai dalam pengelolaan serta pengembangan usahanya, ucapnya.

Bupati Banggai menambahkan, Kegiatan tersebut sudah sempat dilaksanakan dan sudah merupakan rutinitas kami Pemerintah Kabupaten Banggai dalam melakukannnya, akan tetapi kami melihat belum ada pencapaian secara khusus yang diterapkan oleh para pelaku pengembangan usaha UMKM, minimal sebuah terobosan atau gagasan yang baru. dikarenakan ini bukan hanya harapan dari Pemerintah Daerah tapi merupakan harapan dari Pemerintah Pusat dengan program melahirkan sejuta para pelaku usaha yang baru dan saat ini masih belum tercapai.

“Sehebat-hebatnya para pelaku usaha UMKM dan sepintar-pintarnya mereka mengelola manajemen tapi kalo tidak di dukung dengan sistim permodalan maka semua hanya bisa jalan ditempat dan tak bisa bersaing dengan baik,” tutur Bupati Banggai.

Turut bersama Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), UMKM Se-Kabupaten Banggai, Bank Sulteng, BSM, Jajaran Dinas Koperasi Kabupaten Banggai dan perwakilan tamu perbankan lainnya.

Bupati Banggai saat foto bersama dengan segenap jajaran perbankan dan UMKM Se-Kabupaten Banggai. [Foto, Istimewa]**
Pemerintah Kabupaten Banggai sangat mendukung dan mendorong agar para pelaku usaha UMKM terealisasi dan berjalan, upaya ini melalui tahapan pelatihan bina UMKM agar bisa mempunyai kemampuan dan kemandirian, mumpuni dan bisa tinggal landas. Menurut Bupati Banggai, produk yang berjenis olahan seperti makanan ataupun minuman saya melihat lumayan bagus dan tak kalah saing dengan produk olahan yang berada di luar kota bahkan di Jakarta. Saat ini kita di indonesia khususnya di daerah harus bisa berusaha dengan keras dan maksimal agar kita mampu menciptakan daya saing ekonomi lewat UMKM

Sementara itu, Dr. H. Andi Rustam memaparkan materi tentang hal laporan keuangan, pengertian laporan keungan adalah sebuah struktur yang menyajikan posisi keungan dan kinerja keuangan dalam suatu entitas (usaha) badan, bisnis, lembaga  dan institusi lainnya yang bertujuan menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan suatu perusahaan dan bermanfaat untuk sejumlah pemakailaporan keuangan dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Adapun sambutan Manager Bank Indonesia Edi Arago Waigeo menyampaikan, Kami sangat mengapresiasi dengan kegiatan tersebut, karena bapak dan ibu mau menghadiri dan mengikuti apa yang kami persembahkan buat para pelaku usaha di Kabupaten Banggai dan insyallah bisa bermanfaat buata bapak dan ibu, dan kami akan terus mengawali kegiatan usaha yang ibu jalani karena setahu kami masih banyak yang harus di kembangkan untuk meningkatkan produksi produk lokal ataupun produk olahan lainnya. Tutupnya

 

 

 

Liputan : (Diskominfo)