“Kita juga sudah memikirkan untuk menguruskan sertifikat lahan tahun depan. Lokasi ini juga sebelumnya adalah kebun kelapa yang kemudian digusur kemudian dikavling. Itu menandakan bahwa pemerintah serius memerhatikan masalah ini”. Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM.

BanggaiKab.go.id-Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang terdampak penggusuran di komplek Tanjungsari, Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk, Bupati Banggai Ir Herwin Yatim MM, di damping Wakil Bupati Banggai Drs. Mustar Labolo, bersama Dandim 1308/LB Letkol Inf Sapto Irianto melakukan buka puasa bersama di lokasi relokasi di Desa Bunga, Kecamatan Luwuk Utara, Kamis (02/06/2017).

         

Suasana keakraban terlihat dalam interaksi Bupati dan warga yang telah menempati lahan relokasi. Warga begitu antusias ikut buka puasa bersama unsur Forkopimda yang hadir. Dalam kesempatan itu, Bupati menegaskan akan selalu memerhatikan kebutuhan warganya. Termasuk, legalitas lahan relokasi yang kini telah ditempati sejumlah kepala keluarga yang terdampak penggusuran.

“Hari ini kami berinisiatif berbuka puasa dengan warga relokasi Tanjung yang kita namakan warga Tanjung Bunga. Sudah banyak yang membangun saat ini. Pemda juga tidak tinggal diam. Karena kita sudah menata lahan yang ada mulai dari membersihkan hingga mengkavling lokasi. Ada bantuan-bantuan berupa makanan, serta cash kepada mereka yang mau menetap di lokasi ini,” tutur Bupati.

Bupati juga menjelaskan sebelum dilakukan relokasi, Pemda telah memastikan lahan yang ada tidak bermasalah. Sebab, telah dilakukan survei awal bersama Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo dan unsur forkopimda.

“Kita juga sudah memikirkan untuk menguruskan sertifikat lahan tahun depan. Lokasi ini juga sebelumnya adalah kebun kelapa yang kemudian digusur kemudian dikavling. Itu menandakan bahwa pemerintah serius memerhatikan masalah ini,” tegasnya.

Senada dengan itu, Wakil Bupati Banggai, Drs. Mustar Labolo menekankan bahwa pemerintah daerah sangat serius memerhatikan masyarakatnya.

“Dengan mengikuti relokasi dan tinggal di sini, tentunya pemerintah akan lebih mudah didalam mengakomodir dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Soal lahan itu pak Bupati sudah jelas mengatakan bahwa akan membantu legalitasnya,” kata Wakil Bupati.

Perwakilan DPRD Banggai dari Komisi 2, Badrin Nonsi pada kesempatan itu mengungkapkan rasa terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati atas perhatian luar biasa kepada masyarakat yang terdampak eksekusi lahan di komplek Tanjungsari.

“Hari ini mewakili DPRD saya menyaksikan langsung bahwa pemerintah sudah luar biasa menyediakan semua. Ini harus saya pertanggungjawabkan ke masyarakat bahwa pemerintah sudah berbuat hingga saat ini,” tekannya.

Dandim 1308/LB Letkol Inf Sapto Irianto juga memastikan bahwa TNI tidak tinggal diam atas eksekusi yang terjadi. Ia mengatakan sebagai bagian dari Forkopimda, TNI siap mendukung program pemerintah terhadap masyarakat yang terdampak eksekusi. “Kami juga akan memberikan bantuan terutama dalam program pembuatan rumah ke depanya,” terangnya.(*)

 

 

Laporan: Diskominfo Banggai