BanggaiKab.go.id, Lobu– Setelah meresmikan gedung kejaksaan Luwuk, Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim langsung menuju ke Kecamatan Lobu untuk membuka secara resmi kegiatan pekan budaya Kecamatan Lobu, acara yang digelar oleh pemuda yang terhimpun dalam Himpunan Peduli Cagar Budaya Lobu (HIDUP BUDAYA) itu di tempatkan di areal yang berseblahan dengan Jembatan sejarah Lobu, Senin (11/11/2019) siang.

Hadir Bersama dalam kegiatan pekan budaya, unsur forkopimda, kepala OPD, Kapolsek Dan Danramil, Ketua Adat Pagimana Lobu, Camat Lobu, Tokoh Pemuda, Tokoh Pendidik, pemerhati budaya dan panitia kegiatan.
Bupati Banggai pada kesempatannya mengatakan, kegiatan ini sangat unik, selain pekan budaya kami juga menemukan pasar murah, kuliner khas Kecamatan Lobu dan beragam kegiatan lainnya yang sangat luar biasa.

Lanjutnya, Kecamatan Lobu ini adalah satu-satunya Kecamatan yang memiliki cagar budaya yang terbilang sangat unik. Kami sebagai Pemerintah Kabupaten Banggai sangat komitmen dengan pencapaian Visi Misi kita.
“apa yang sudah direncanakan dalam kegiatan ini adalah bagian dari support dan komitmen kami yakni mewujudkan Kabupaten Banggai sebagai pusat pertumbuhan ekonomi pertanian dan kemaritiman berbasis kearifan local dan budaya,”imbuhnya.

Kami sudah mengundang stasiun Tv swasta untuk mengangkat budaya di Kecamatan Lobu yakni jembatan Lobu dan Kuburan Perahu. Dan saya himbau untuk menjaganya, melestarikannya karna ini adalah salah satu peninggalan sejarah. Tambahnya.

Ketua Hidup Budaya pada sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Banggai terkhusus kepada Bupati Banggai dan segenap jajarannya. Dan berharap agar kegiatan ini bisa dijadikan agenda tahunan agar lebih mengangkat cagar budaya yang ada di Kecamatan Lobu, ucap Khoirudin.

Khoirudin juga menjelaskan, kegiatan tersebut di ikuti oleh masyarakat atau pemuda setempat adapun jenis kegiatannya, lomba kulele, lomba langka tano, tangka-tengka nikah masal dan dilanjutkan dengan kemping pemuda dan penanaman pohon.

Diwaktu yang sama Bupati Banggai melantik pengurus himpunan peduli cagar budaya Kecamatan Lobu. Dan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolik bantuan dari Pemerintah Daerah.

(TIM LIPUTAN MEDIA DISKOMINFO BANGGAI)
Foto: Rahim Humas