BanggaiKab.go.id, Setelah dipenuhi dengan pelbagai aktifitasnya, Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim menyempatkan waktu untuk  menghadiri pembukaan lomba Pesparawi (Pesta paduan suara gerejawi) antar pemuda klasis,  dalam HUT ke- XXXVII pemuda kompelsus Sinode GKLB. bertempat di Lapangan Desa Sirom, Kecamatan Lamala, Kabupaten Banggai, Kamis (27/09/2018) kemarin.

Bupati Banggai pada kesempatannya mengatakan,  sebelumnya saya ucapkan selamat ulang tahun yang ke 38 pada hari ini (27/09) kepada kompelsus pemuda Sinode GKLB, ujarnya, tak lupa juga saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi pada  pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini dan semoga kegiatan ini dapat memberikan hal yang bermanfaat besar terutama memasyarakatkan budaya paduan suara gerejawi.

“ Pesparawi yang diselenggarakan ini, memiliki makna yang penting sebagai wahana pemantapan wawasan keagamaan, kebangsaan dan budaya bagi umat kristiani,”pungkasnya, dan sebagai wadah berhimpun dari berbagai wilayah Kabupaten Banggai.

Menurut Bupati Banggai, Kegiatan seperti ini sangat diharapkan untuk memperkaya dan memperkuat pemahaman umat kristiani, bahwa masyarakat Kabupaten Banggai adalah masyarakat yang majemuk serta memiliki semangat nilai- nilai Kesatuan dan persatuan yang tinggi, tambahnya.

Hadir bersama Unsur Forkopimda, Kepala OPD (Organiasi Perangkat Daerah), Anggota DPRD Provinsi Sul-Teng Matindas. J Rumambi, Majelis Pimpinan Harian (MPH) GKLB, Pendeta  gereja Se-Kabupaten Banggai, Camat Lamala selaku tuan rumah, Danramil, kanitia lomba, Kontingen pemuda klasis dan hamba Tuhan.

Kontingen Pesparawi saat mengikuti upacara pembukaan di lapangan desa sirom kecamatan lamala, [Foto istimewa]
Pdt. Made Subhagia menjelaskan, Pesparawi (Pesta paduan suara gerejawi) Sinode GKLB dilaksanakan tiga tahun sekali,ungkapnya, setelah pada waktu kemarin sempat dilaksanakan diklasis Kecamatan Toili.

Selain itu, Tujuan pesparawi dibuat untuk memupuk tali persaudaraan, rasa kebersamaaan dan ungkapan kesetiaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan untuk mengembangkan kreatifitas seni, ujar Pdt Made, yang mengikuti kegiatan lomba pesparawi yakni Klasis Toili, Klasis Batui, Klasis Luwuk Barat, Klasis Luwuk Utara, Klasis Timur, Klasis Tompotika Lamala Masama, Klasis Mantoh – Lamala, Balantak, bualemo Pagimana, Lobu, bunta, Pancaran Kasih, Nuhon, yang masing-masing dikuti oleh puluhan orang.

Foto bersama dengan Bupati Banggai, para peserta dan Majelis Pimpinan Harian (MPH) GKLB Menjadi akhir dalam pelaksanaan pembukaan lomba pesparawi. Dan Bupati Banggai bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Bandara Syukuran Aminnudin Amir  Luwuk untuk penjemputan Gubernur Sul-teng.
 

 

Liputan: Diskominfo