BanggaiKab.go.id, Luwuk Selatan – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo melalui Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema Strategi Pengembangan Pemasaran Produk Wisata Minat Khusus Di Era New Normal Menuju Sustainable Tourism, Senin (20/7/2020).

Dari sekian Narasumber, Pemprov Gorontalo menghadirkan Bupati Banggai, Dr. H. Herwin Yatim.

Dalam materinya, Bupati H. Herwin Yatim, menyampaikan keberhasilan Kabupaten Banggai dalam penyelenggaraan event pariwisata dan pengelolaan destinasi wisata.

Data kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara di Kabupaten Banggai terus meningkat sejak tahun 2015, kecuali 2020 karena adanya pandemi Covid-19.

Di tahun 2015 ada 4.953 orang wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Kabupaten Banggai. Di tahun 2016 ada 10.093 orang. Di tahun 2017 tercatat 12.525 orang dan di 2018 ada 14.500 orang. Di Festival Pulo Dua tahun 2019 tercatat 20.186 orang hadir di Pulo Dua dan di 2020 baru 300 orang.

Event yang bisa dikunjungi di Kabupaten Banggai diantaranya adalah Festival Pulo Dua yang masuk dalam Calender of Event Kementerian Pariwisata tahun 2019. Festival Gelora Pagimana, Festival Teluk Lalong, Festival Tompotika, Festival Adat Tumpe, Festival Kuliner Khas Banggai serta Pagelaran Seni dan Budaya Sozama Nambo.

Pemerintah Kabupaten Banggai juga rajin mempromosikan potensi dan pengelolaa destinasi wisata, seperti Wisata Bahari di Pulo Dua, Pantai Kilo Lima dan Pulau Tinalapu.

Wisata Alam seperti Air Terjun Salodik, Air Terjun Piala, Bukit Teletubies dan Bukit Inspirasi. Wisata Buatan seperti Ruang Terbuka Hijau Teluk Lalong dan Wisata Budaya seperti Upacara Adat Tumpe, Gereja Tua dan Bungker Jepang Pulo Dua.

Selain Bupati Banggai, webinar ini juga menghadirkan Narasumber dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI serta Succes Story Bupati Banyuwangi, Ketua Harian Belitong Geopark dan pemaparan tentang Potensi Pengembangan Geopark Gorontalo untuk Pariwisata yang bekelanjutan oleh Kepala Pusat Studi ESDM dan Geopark LPPM UNG.

Tim Liputan Bidang Media Diskominfo Banggai