BanggaiKab.go.id, Pemerintah Kabupaten Banggai melalui  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana menggelar kegiatan Bulan Bhakti KB-KES, kegiatan tahunan ini merupakan program pemerintah yang rencananya akan di gelar di masing-masing kecamatan, Desa Toipan, Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai adalah salah satu desa terpilih sebagai Kampung KB, Jumat (03/08/2018) kemarin.

Pada kesempatannya Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim mengajak masyarakat seluruhnya untuk bisa kenali dan cegah masalah stunting pada anak.

Selain itu, pentingnya bagi orang tua  saat ini, untuk  bisa mengontrol kondisi kesehatan anaknya atau yang masih dalam proses kehamilan, agar kedepan nanti kita (orang tua) bisa mencetak generasi yang sehat secara fisik dan mempunyai daya tumbuh kembang yang normal, pungkasnya.

Bupati Banggai menambahkan, untuk pencegahannya  itu dengan cara sederhana yakni ; sejak pertama pernikahan dan dalam usia kandungan sudah mencapai 4 bulan atau pun menyusui, diwajibkan untuk  ibu-ibu  melapor  kepada petugas kesehatan atau pos kesehatan terdekat untuk memeriksa lebih lanjut kondisi kesehatan sang bayi.

Bupati Banggai, Wakil Bupati Banggai dan Kapolres duduk bersama saat pembukan kegiatan bulan Bhakti [Foto istimewa]
Pada pelaksaan kegiatan tersebut, hadir bersama Unsur Forkopimda , Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Persit Kartika Putri, Ibu bhayangkari Kabupaten Banggai, Camat Kecamatan Pagimana, Tokoh Masyarakat, Petugas Kesehatan, dan para ASN lingkup PemKab Banggai.

Adapun kegiatan lainnya yang dilaksanakan Pada Bulan Bhakti KB-KES tersebut yakni, Pengobatan serta KB gratis, Sunatan massal dan pasar murah untuk masyarakat.

 

Berdasarkan program kampung KB, maka Inovasi dari KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana, Pembangunan Keluarga) tahun 2018 ini merupakan suatu harapan untuk menyemangati masyarakat akan pentingnya dalam penerapan keluarga berencana dan juga Sejak dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016, Kampung KB terus tumbuh pesat.

Semangat membentuk dan mendirikan Kampung KB di seluruh Nusantara telah menghasilkan ratusan Kampung KB. Targetnya pada tahun 2017 ini terdapat satu Kampung KB di setiap satu kecamatan di seluruh Indonesia. Artinya, sepanjang tahun 2017 ini bakal ada sekitar 7166 Kampung KB di seluruh Indonesia. Hingga April 2017, Kampung KB yang sudah terbentuk baru 633. Masih ada sekitar 6000 Kampung KB lagi yang akan di bentuk.

Diakhir Kegiatan Bupati Banggai bersama Unsur Forkopimda menyerahkan bantuan langsung kepada para nelayan sekitar perkampungan desa toipan.