BanggaiKab.go.id, Setelah melaksanakan pawai obor takbiran kemarin (14/06), Bupati banggai Ir. H. Herwin Yatim dalam kesempatannya mengatakan, moment semalam mempunyai arti yang membawa berkah untuk kita semua.

Dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh PHBI (Panitia Hari Besar Islam), kita semua dapat secara langsung merasakan, betapa penting bagi masyarakat untuk selalumenciptakan keamanan dan ketertiban daerah.

Bupati Menegaskan, ini himbauan dari Kapolres Banggai AKBP Moch. Soleh dan Pemerintah Kabupaten Banggai, agar kita senantiasa menjaga ketertiban demi terjalinnya silaturahmi bersama.

“ Saya (Bupati Banggai) berterima kasih sepenuhnya kepada seluruh Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Tokoh adat. Yang telah mampu memelihara situasi keamanan serta ketertiban kita dari semalam sampai hari ini,” ujarnya, saat memberikan sambutan kepada sejumlah jamaah masjid agung an-nur Luwuk Kabupaten Banggai, Jumat (15/06/2018) pagi tadi.

Bupati Banggai juga menyampaikan, di tahun ini akan ada perubahan dan membawa keberkahan, berdasarkan persetujuan antara pemerintah daerah dan DPRD kabupaten Banggai. Perencanaan untuk renovasi masjid Agung An-nur Luwuk akan secepatnya dirampungkan dari kapaitas 900 jamaah menjadi 1000 jamaah di lantai satu dan dua, dan dana tersebut ditaksir mencapai 3,5 milyar rupiah.

“ anggaran selain bersumber dari APBD di bantu juga oleh pengusaha dari daerah, ini semua demi kelancaran kita (masyarakat) untuk beribadah, “tuturnya, oleh karena itu, pentingnya  menjaga Masjid agung An-nur ini, karna merupakan ikon masjid termegah di Kabupaten Banggai.

Sementara itu, Yang bertindak sebagai khotib utama Prof. Dr. Hamdan Yohanes, Phd, Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Alaudin Makassar, dengan mengangkat tema khotbah Pentingnya Pengembangan Karakter Terhadap diri Manusia.  dan yang bertindak sebagai Imam sholat Idul Fitri Ismail Manopo Spd.i
Hadir dalam pelaksanan shalat idul fitri 1 syawal 1439 Hijriah tersebut Unsur Forkopimda, Sekretaris Kabupaten Ketua dan pengurus PHBI (Panitia Hari Besar Islam), Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Tokoh Agama dan ribuan jamaah yang memadati shaff dan areal masjid.

Ribuan Jamaah shalat Id memadati halaman masjid agung an-nur luwuk, [FOTO ISTIMEWA]
Diakhir pelaksanaan shalat idul fitri, tak lupa Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim.,MM bersama Unsur Forkopimda lainnya saling berjabatan tangan dan saling bermaaf-maafan dengan jamaah serta pejabat lingkup pemerintah Kabupaten Banggai.

(Liputan special Idul Fitri Oleh Diskominfo)