BanggaiKab.go.id, Luwuk – Kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai, dibawah kepemimpinan Bupati H. Herwin Yatim, dan Wakil Bupati H. Mustar Labolo, layak mendapat acungan jempol. Pasalnya, sejumlah capaian prestasi, berhasil diraih di tahun ketiga, oleh duet kepala daerah dengan tagline Winstar ini. Pada kegiatan Sosialisasi Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Sistem Pusat Jejaring Inovasi Daerah (PUJA INDAH), di Kabupaten Banggai, Senin (16/6/2019), Bupati H. Herwin Yatim dihadapan Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, DR. Safrizal, ZA, memaparkan Delapan capaian prestasi Pemda Banggai.

Delapan capaian itu adalah, yang Pertama, perolehan Nilai LHE SAKIP yang memuaskan selama dua tahun. Pada tahun 2017, Nilai LHE SAKIP yang diperoleh adalah 70,03 (Kualifikasi BB), dan pada tahun 2018 adalah 73,45 (BB).

Sebagai catatan, SAKIP Kualifikasi BB, di wilayah Indonesia Timur, hanya berhasil diraih oleh dua daerah, masing-masing, Kabupaten Banggai dan Provinsi Gorontalo. Bupati H. Herwin Yatim, bahkan bertekad, agar Nilai LHE SAKIP kedepan bisa masuk Kualifikasi A. Sehingga, Kabupaten Banggai, bisa setara dengan 12 daerah lain di Pulau Jawa.

Capaian Kedua, Pemda Banggai, berhasil mempertahankan penghargaan laporan keuangan dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), yang telah diraih sejak tahun 2012 lalu.
Ketiga, progres pelaksanaan rencana aksi Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah), Wilayah Sulteng mencapai 74 persen.
Keempat, Bupati BH. Herwin Yatim, menerima penghargaan INAGARA AWARD di tahun 2018. Ini adalah penghargaan untuk keberhasilan di bidang Inovasi Administrasi Negara.
Kelima, di tahun 2018 pula, Bupati H. Herwin Yatim, berhasil menerima penghargaan Inovative Goverment Award (IGA).
Capaian Keenam, yang menjadi prestasi dari Bupati H. Herwin Yatim dan Wabup H. Mustar Labolo, selama memimpin daerah ini, adalah keberhasilan daerah ini meraih Peringkat Pertama Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah Sulteng, serta berhasil masuk nominasi 14 Besar Perencanaan Terbaik Nasional.
Ketujuh, Pemda Banggai berhasil meraih Penghargaan National Procurement Award 2018 dari LKPP RI Kategori UKPBJ sebagai Pusat Keunggulan Pengadaan Barang/Jasa.

Terakhir dan paling fenomenal, adalah keberhasilan Pemda Banggai, untuk membawa pulang Piala Adipura di tahun 2017 dan 2018. Penghargaan yang diberikan bagi daerah di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan ini, terakhir diraih di era Bupati H. Sudarto, sekitar 22 tahun yang lalu.

Delapan capaian tersebut, adalah merupakan akumulasi dari keberhasilan Pemda Banggai di berbagai sektor. Bupati H. Herwin Yatim bertutur, bahwa keberhasilan tersebut, bisa diraih karena selama 3 tahun memimpin daerah ini, Bupati dan Wakil Bupati sebagai kepala daerah, senantiasa on the track dalam menjalankan Visi dan Misi daerah ini. Bupati H. Herwin Yatim juga tak menutup mata, bahwa partisipasi dan kerjasama yang baik dari seluruh stakeholder bersama masyarakat, juga menjadi bagian penting dari prestasi yang diraih Pemda Banggai. (KIB)