BanggaiKab.go.id, Toili-  Kesungguhan untuk mendapatkan Adipura berikutnya makin diperkuat oleh banyaknya dukungan dari masyarakat tentang pengelolaan sampah yang baik. Itu dibuktikan dengan hadirnya Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim di Madani Jaya untuk meresmikan sekaligus melounching Bank Sampah Unit (BSU), Desa Tirta Jaya, Kecamatan Toili, Kamis (17/10/2019) kemarin, dengan mengangkat tema Toili Bersih, Toili Sehat, Toili Hebat, Dulu Sampah Sekarang Berkah.

Dalam peresmian bank sampah tersebut turut hadir, Kepala OPD, unsur Forkopimcam, BUMN/BUMD, Tokoh Masyarakat, Tp-PKK Toili, Majelis Taklim,  panitia lounching bank sampah, Kapolsek Toili dan Babinsa.

Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM, dalam sambutannya menyampaikan kepada masyarakat  Toili dan kepada seluruh steckholder yg sempat hadir pada acara itu bahwa kami sebagai Pemerintah Daerah sangat mendukung dan mensuport serta mengapresiasi dengan terbentuknya Bank Sampah Unit Madani Jaya.

“Ini akan menjadi investasi masa depan kita (masyarakat) melalui sampah, dan juga dengan sendirinya mengajak masyarakat di Toili untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi,”ucapnya.

Bupati Banggai menambahkan, saya menekankan untuk selalu mendukung serta peduli dengan program pemerintah daerah yaitu program Moral PIA NA SAMPAH ALA (Pinasa), program ini adalah murni gerakan yang berawal dari keprihatinan di awal Pemerintahan Winstar, apabila turun hujan maka sampah sampah berserakan di jalan jalan utama, hingga lahirlah program gerakan moral ini, Alhamdulillah gerakan moral pinasa ini telah mengharumkan nama Kabupaten Banggai dari berbagai macam penghargaan, meraih Piala Adipura 2 kali berturut turut, Top 99 Inovasi terbaik bahkan sampai top 45 inovasi terbaik se indonesia, dan insya Allah Gerakan moral pinasa akan memasuki tahap penilaian sebagai perwakilan Indonesia dalam Lomba Inovasi tingkat Dunia yang di selenggarakan oleh PBB.

Sementara itu, Ketua Bank Sampah Unit Suwarni menegaskan, yang harus kita ketahui Bersama sampah adalah barang yang tidak berguna dan harus di buang, tapi dengan upaya dan dorongan dari Bupati Banggai kepada saya dan khususnya masyarakat, kita langsung membentuk Bank Sampah Unit tersebut di Kecamatan Toili ini dan yag lain sudah berkembang sekitar 47 bank sampah unit.

Setelah kegiatan Lounching bank sampah, Bupati Banggai Bersama rombongan langsung menghadiri penutupan Bupati Cup di Bone Balantak.