BanggaiKab.go.id, Pembangunan proyek raksasa Groundbreaking PLTMG milik PT. PLN (Perusahaan Listrik Negara) Area Sulawesi utara, tengah dan gorontalo untuk kapasitas 40 Megawatt diresmikan oleh Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim.,MM, bertempat di desa Nonongan Kecamatan Batui Kabupaten Banggai, senin (02/07/2018) kemarin.

Bupati Banggai pada kesempatannya mengatakan, perencanaan untuk proyek pembanguan ini sudah pernah dibicarakan ditahun kemarin dan dalam hal ini salah satu tokoh masyarakat atau orang tua kita Djarun Sibay yang telah banyak membantu dan mensupport atas pembebasan lahan tersebut, guna pembangunan  PLTMG (Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas), yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik kepada masyarakat.

Bupati Banggai dan Wabup, Unsur Forkopimda dan Tokoh Masyarakat saat meresmikan Proyek GROUNDBREAKING PLTMG [Foto Istimewa]
 Bupati Banggai menambahkan, masyarakat Kabupaten Banggai harus bersyukur atas pembangunan proyek tersebut, “ ini suatu berkah yang diberikan kepada kita (masyarakat), pungkasnya” karna tidak semua daerah bisa ada pembangunan proyek PLTMG dan kalau kita lihat dalam satu dekade ini terjadi peresmian dibeberapa wilayah indonesia, untuk pembangkit listrik dari 540 Kabupaten/Kota, Kabupaten Banggai adalah salah satunya.

Selain itu, menurut Sigit Wicaksono selaku GM (General Manager) Unit induk pembangunan area Sulutenggo, dalam peresmian Pembangkit listrik ini (02/07), secara serentak Groundbreaking diresmikan di tiga tempat sekaligus oleh Presiden RI Jokowi dan dipusatkan di daerah Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan yakni pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) dengan kapasitas 75 Megawatt.

Ini bertujuan untuk memenuhi taraf hidup dan mendorong pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja masyarakat dan dalam kawasan bisnis usaha kecil/menengah juga utamanya untuk pengembangan industrialisasi yang sesuai dengan program Nawacita Presiden RI, kata Sigit. Untuk target pembangkit listrik mulai beroperasi, tahap yang pertama (Block 1) 15 Mw akan dilaksanakan pada triwulan satu dan akan dilanjutkan tahap kedua yakni 25 mw pada triwulan dua tahun 2019.

Usai menyaksikan peresmian lewat teleconference dan memberikan bantuan, Bupati Banggai bersama Unsur Forkopimda disematkan penghargaan dari PT.PLN (Perusahaan Listrik Negara) atas dukungan pembangunan proyek PLTMG.

Turut hadir dalam peresmian PLTMG yakni Unsur Forkopimda, Tokoh masyarakat, Tokoh adat, Tokoh Agama, Forkopimcam, General manager dan jajaran PT. PLN dan perwakilan Gubernur sulawesi Tengah.

Liputan : Diskominfo