BanggaiKab.go.id – Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM resmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 74.947.02 Batui, Jumat (9/2/2018).

Dimulainya pengoperasian SPBU milik PT. Silvianda Energi itu, ditandai dengan penguntingan pita dan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) pertama di kendaraan bermotor oleh Bupati Banggai yang didampingi Sales Marketing PT. Pertamina Sulawesi Tengah, Pandi Irfan Nugraha dan Ketua Perwin Kabupaten Banggai yang sekaligus pengelola SPBU pertama di Kecamatan Batui tersebut.

Bupati Banggai, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pemilik perusahaan itu, dimana mereka mau menginvestasikan dananya untuk pengembangan perekonomian di kecamatan Batui dan sekitarnya. Dia berharap, dengan adanya SPBU tersebut, perekonomian masyarakat bisa meningkat yang berujung pada kesejahteraan.

Bupati Banggai akui, dalam proses pengurusan perizinan dan pembangunan SPBU ini cukup lama, hal itu disebabkan terjadinya salah satu hal yang tidak diinginkan. Namun ketika mengetahui hal tersebut, maka dia pun bergerak memperjuangkannya sehingga sampai saat ini.

“Sejak wakil bupati Banggai, informasi rencana pembangunan SPBU oleh pemilik perusahaan sudah saya dengar. Namun pada kesempatan itu, terdapat kendala dalam proses perizinan, sehingga saya harus turun tangan untuk menemui komisaris utama PT. Pertamina. Syukur keinginan sang pemilik perusahaan dikabulkan. Bahkan bukan Cuma satu SPBU yang mendapat rekomendasi tapi dua siap didirikan di Kecamatan Batui,” jelasnya.

Untuk itu, Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim MM, berharap kepada masyarakat kecamatan Batui mau bersama-sama menjaga SPBU ini, karena diakuinya, keberadaan SPBU di kecamatan sangat membantu proses perekonomian masyarakat di sana.

Hal itu diakui Moch. Noer Agama, salah satu tokoh masyarakat sekaligus tokoh adat Kecamatan Batui. Menurut Noer Agama, keberadaan SPBU PT. Silvianda Energi, yang berdiri di tanah leluhur Mari-Marisa, Hape’ dan Bentean atau di lokasi Adat Tolando, sangat diidam-idamkan oleh masyarakat setempat, termasuk masyarakat adat, sehingga sebelum dilakukan peresmian oleh pemerintah daerah kabupaten Banggai, pihak adat sudah terlebih dahulu melakukan prosesi ritual budaya Batui yang merupakan amanah leluhur.

“Dalam kesempatan ini, atas nama pemerintah dan masyarakat kecamatan Batui mengucapkan terima kasih kepada keluarga H. Murad Husein dan Hj. Silvia Moindo, yang sudah berusaha membangun SPBU di kecamatan ini. Ini harus diakui sebagai penunjang kelancaran kegiatan usaha ekonomi rakyat,” katanya.

Untuk itu, Noer Agama berharap kepada pemilik perusahaan SPBU 74.947.02 dapat kembali membangun pusat perbelanjaan masyarakat seperti swalayan, super market atau toserba di Kecamatan Batui. (***)

 

LIPUTAN DISKOMINFO