BanggaiKab.go.id, Ir. H. Herwin Yatim (Bupati Banggai) pada kesempatanya menyambut sejumlah pengungsi warga Kabupaten Banggai dan korban pasca gempa dan tsunami lainnya. para pengungsi tiba dengan selamat, setelah melalui perjalanan mereka dari palu, pengungsi langsung ditempatkan dan diarahkan di wisma cokelat (Dinas tanaman pangan hortikultura dan perkebunan) di Halimun, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Rabu (10/10/2018).

Pada kesempatannya pula, Bupati Banggai mengatakan, kami pemerintah daerah sangat antusias menyambut kedatangan warga pengungsi yang tiba di Luwuk, ujarnya, dan tak lupa kami berterima kasih kepada sejumlah relawan yang ikut mengawal para pengungsi sampai tiba dengan selamat.

” saya mengapresiasi kepada para relawan Kabupaten Banggai yang tanpa di bayar, mereka tetap dengan penuh semangat dan tulus untuk membantu mengevakuasi dan menampung para korban pasca gempa dan tsunami di posko relawan, terang Bupati Banggai.

Bupati Banggai menambahkan, kita Pemerintah Kabupaten Banggai pun merasakan duka yang mendalam atas ribuan korban yang meninggal pasca Gempa dan Tsunami, dan sejak awal peristiwa ini tidak ada satu orang pun yang menginginkannya ataupun yang memprediksikan akan kejadian ini, tuturnya, kami pada waktu itu mengawal kunjungan kerja Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola ke luwuk untuk memantau sekaligus memonitoring kegiatan yang akan direncanakan bersama itu, kegiatan yang sangat bergengsi dimana para tamu dari 20 lebih negara akan datang untuk touring dari luwuk menuju ke Palu, dalam rangka TdCC (Tour de Central Celebes), kami pisah dengan Gubernur pada pukul 16.00 wita sore hari, setelah melihat tugu Etape 1 dan gubernur langsung kembali. Dan pada saat saya menyelesaikan shalat maghrib guncangan terjadi setelah itu komunikasi terputus.

“Kami pemerintah berusaha membantu agar korban yang selamat dari maut agar tetap tabah dan senantiasa bersyukur kepada Tuhan, ujarnya, dan sampai hari ini kita (Pemerintah Daerah) secara keseluruhan akan terus bergerak untuk membantu, baik itu dari tenaga medis, logistik dan berupa pakaian layak pakai.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Assisten Bupati Banggai, BPBD( Badan Penaggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Banggai dan sejumlah tim relawan.

Selain itu, Bupati Banggai akan segera mencanangkan bantuan donasi pendidikan untuk anak-anak sekolah ,” Tolong didaftarkan kepada Tim secepatnya agar kita bisa bantu, dan kami akan tambahkan dengan seragam serta tas sekolah bagi yang sudah mendaftarkan,” ujarnya , bagi mahasiswa kami pun akan memberikan donasi pendidikan

 

 

(Diskominfo. MediaBanggaiKab.go.id)