Luwuk, BanggaiKab.go.id– Berbagai aktifitas yang diikuti oleh Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, setelah kepulangannya dari Ibu Kota Jakarta menuai banyak pujian, karena tanpa henti-hentinya daerah yang berjagon Bersih, Aman, Indah dan Ramah (BERAIR) ini menerima penghargaan yang luar biasa dari Ombudsman RI dan penghargaan yang kedua disusul dengan pemberian dari Kementerian Hukum dan Ham kepada Kabupaten Banggai sebagai daerah yang layak Ham.

Seperti yang diketahui Kabupaten Banggai mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dan secara khusus Kabupaten menjadi penilaian oleh Pemerintah Pusat, potensi serta pemberdayaan masyarakatnya menjadi tolok ukur di daerah ini.

Bupati Banggai mengatakan, kita harus bangga memiliki daerah ini, karena sebentar lagi Masyarakat Kabupaten Banggai akan merayakan Hari nusantara ditanggal 13 desember, di Tangkian.

“Setelah hari Nusantara nanti, Kabupaten Banggai telah ditetapkan oleh Kementerian pariwisata dan akan terpilih menjadi tuan rumah lomba memancing tingkat internasional ditahun 2019,”ungkap Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim saat memberikan sambutan pada acara Lomba cipta Menu B2SA berbasis sumber daya lokal, bertempat di RTH (Ruang terbuka Hijau) Teluk Lalong, Luwuk, Selasa (11/12/2018) siang.

Ini sudah di umumkan, kata Bupati Banggai, karena kemarin kita sudah uji coba dari Angkatan Laut dan diberikan hadiah, tidak untuk hadiahnya akan tetapi hasilnya itu luar biasa, contohnya, jenis ikan Marlien yang ada di perairan Kabupaten Banggai dan itu sangat memuaskan juga tidak pernah didapati di daerah lain ataupun di negara lain.

Sementara itu, jenis ikan di Kabupaten Banggai telah mendapat pengakuan setelah kunjungan dari Kementerian Kelautan seperti ikan hias air laut terbaik yakni cardinal fish.

Saya Bupati Banggai mengajak kepada masyarakat Kabupaten Banggai yang mempunyai hobi memancing, mari ramaikan event tingkat internasional tersebut, tambahnya.

Pada acara yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banggai turut hadir Staff Ahli Bupati Banggai, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Himpunan Ibu Bhayangkari Kabupaten Banggai, Ketua dan Anggota PKK Kabupaten Banggai, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.