Jakarta, BanggaiKab.go.id – Alhamdulillah, setelah beberapa bulan Pemerintah Kabupaten Banggai berjuang untuk mendapatkan jaringan gas rumah tangga bagi masyarakat dari pemerintah pusat, akhirnya Bupati Banggai, H. Herwin Yatim bersama 17 bupati dan walikota lain, menandatangani MoU Pembangunan Jaringan Gas Rumah Tangga dengan Kementerian ESDM RI di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Sebelum penandatangan dilakukan terlebih dahulu Bupati Banggai, H. Herwin Yatim diberikan kesempatan memberikan sambutan mewakili 17 kabupaten dan walikota lainnya yang sama-sama hadir dalam kegiatan tersebut.

Kesempatan emas tersebut tidak disia-siakan, sehingga saat itu juga di depan sekretaris menteri dirjen dan beberapa pejabat lainnya, Bupati Banggai, H. Herwin Yatim, memperkenalkan potensi sumber daya alam migas dan wisata yang ada di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah.

Diawal sambutannya, Bupati Herwin Yatim mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian ESDM, dalam hal ini dirjen migas atas perhatian dan kepercayaan kepada pemerintah daerah kabupaten Banggai.

Dengan kepercayaan tersebut, bupati berkomitmen mendukung dan mengawal penuh kegiatan tersebut, agar dapat berjalan dengan sukses dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat yang disertai harapan program jargas itu bisa berkelanjutan sampai seluruh dapur masyarakat Kabupaten Banggai.

“Saya berkomitmen mendukung dan mengawal kegiatan ini, agar dapat berjalan dengan sukses serta dapat bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Banggai.

Adapun ke-18 kabupaten/kota yang mendapatkan pembangunan Jaringan Gas Rumah Tangga melalui pendanaan APBN dibagi pada dua wilayah antara lain, Wilayah 1, Kota Bekasi sebanyak 6.720 Sasaran Rumah (SR), Kota Depok –  6.230 SR, Kabupaten Aceh Utara – 5.000 SR, Kabupaten Dumai – 4.300 SR, Kota Cirebon – 6.520 SR, Kabupaten Karawang – 2.681 SR, Kabupaten Purwakarta – 3.765 SR, Kota Palembang – 6.000 SR dan Kota Jambi – 2.000 SR. Sedangkan Wilayah 2 antara lain, Kota Mojokerto – 4.000 SR, Kabupaten Mojokerto – 4.000 SR, Kabupaten Pasuruan – 4.000 SR, Kota Pasuruan – 4.000 SR, Kabupaten Lamongan – 4.000 SR, Kabupaten Kukar – 4.000 SR, Kabupaten Banggai – 4.000 SR, Kabupaten Wajo – 2.000 SR dan Kabupaten Bojonegoro – 4.000 SR. (***)