BanggaiKab.go.id,  Pemerintah Kabupaten Banggai dalam hal ini Ir. H. Herwin Yatim.,MM (Bupati Banggai), terima hibah pesawat terbang dari BPPT (Badan Pengkajian Dan Penerapan Tekhnologi), penyerahan tersebut melalui Balai Besar Tekhnologi Modifikasi Cuaca (BBTMC). Pertemuan besar yakni antara Bupati Banggai bersama Kepala Sekretaris Utama BPPT Prof.ir. Wimpie Agoeng Noegroho A, MSCE, Ph.D, dilaksanakan di gedung BPPT Jakarta, Selasa (26/06/2018) kemarin.

Pesawat yang diketahui  milik Negara itu berjenis kapal terbang sayap tetap mesin turbo prop, adapun serah terima hibah tersebut yakni berupa empat buah pesawat jenis Casa dan 1 buah pesawat jenis Piper Cheyenne. Sebelumnya pesawat tersebut digunakan BBTMC dalam melayani operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).  Untuk merawat, mengelola dan menjalankan pesawat tersebut, BPPT dibantu oleh operator pesawat dari pihak luar.

Usai penandatanganan berita acara serah terima,(26/06) Bupati Banggai mengatakan, barang yang sudah dihibahkan akan dimanfaatkan dan akan dikelola dengan sebaik-baiknya.

“ Terima kasih kepada Badan Pengkajian Dan Penerapan Tekhnologi melalui BBTMC, yang telah menghibahkan pesawat terbang untuk daerah Kabupaten Banggai,” Pungkas Herwin, selain akan di pergunakan dengan baik ini akan dikenang dalam rangka objek utama monument kedirgantaraan sekaligus mengenang jasa dari salah satu putra daerah terbaik asal Kabupaten Banggai yaitu Jenderal Marsda Moh. Syabuddin Masulili.

Suasana saat pertemuan bersama di ruang rapat kantor BPPT, Jakarta [Foto, istimewa]
Wimpie juga menyampaikan ucapan yang sama kepada pemerintah daerah Kabupaten Banggai atas kerjasamanya ini.  Menurut Wimpie, hibah aset BMN milik BPPT ini ditetapkan dan akan berpindah ke pemerintah daerah Kabupaten Banggai dan sebgai bentuk kerja sama daerah dan pemerintah pusat dan bisa mendorong nilai kepariwisataan di kota Luwuk Kabupaten Banggai.

Turut Hadir dalam pertemuan itu Kepala serta Jajaran  BPPT, Assisten 1 Bupati Banggai, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Lingkup PemKab Banggai bersama Balai Besar Tekhnologi Modifikasi Cuaca (BBTMC).