BanggaiKab.go.id- Prestasi ini menandai satu tahun kinerja Bupati Ir. H. Herwin Yatim, MM dalam memimpin Kabupaten Banggai.  Penghargaan yang juga diterima oleh 20 kepala daerah lainnya itu berlangsung di Jakarta, kamis (15/6).

Transparansi anggaran dan inovasi terhadap kebijakan otonomi daerah menjadi salah satu indikator penilaian oleh Pusat Kajian Keuangan Negara (Pusaka Negara), selaku pihak peyelenggara.

Bagi Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM, era otonomi daerah menjadi motivasi pembangunan dengan beragam inovasi pelayanan disetiap sektor. Semua pelayanan ekstra yang diberikan tersebut  memakai sistem jemput bola. Salah satunya, pemerintah melalui tenaga Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) yang  turun langsung  ke desa-desa dan kecamatan untuk melakukan perekaman data.  Pelayanan seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk, Akta Kelahiran dan Akta Kematian juga tanpa dipungut biaya.

Yang paling mencolok adalah program Bupati Banggai dalam penerapan E-Government yang selaras dengan seruan Kementerian Dalam Negeri terkait hal itu. Pemerintah Kabupaten Banggai telah mengupayakan pengelolaan pemerintahan yang transparan melalui sistem elektronik seperti E-Planning dan E-Budgeting. Hal ini terimplementasi dalam pelaksanaan tender proyek melalui E-Procurement dan Pelayanan Unit Layanan Pengadaan melalui elektronik.

Perihal lainya misalnya, layanan kesehatan. dengan dicetuskannya Public Centre Call 119, saat ini masyarakat dapat dilayani selama 24 jam  oleh tenaga perawat atau dokter yang disediakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai.

Terkait strategi kebijakan pemberdayaan masyarakat, Bupati mengaku jika pemerintahannya memilki strategi dalam upaya mendorong partisipasi dan pemberdayaan masyarakat khususnya di pedesaan. “Strategi untuk pemberdayaan masyarakat adalah dengan berupaya mengawal alokasi penggunaan dana desa yang nilainya mencapai 1,2 miliar per desa agar benar-benar dialokasikan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati Banggai.

Atas capaian tersebut, Bupati Banggai mengapresiasi kerjasama yang solid dari seluruh tim dan jajarannya. “Kami menerima penghargaan karena semua tim solid dan kerjasama lintas OPD yang selalu terkoordinasi dengan baik,” ungkapnya.

Tentu saja penghargaan ini menjadi tolok ukur atas kinerja dan apa yang menjadi penekanan Bupati Banggai di hadapan kepala-kepala OPD dalam rapat evaluasi satu tahun kinerja pemerintahannya: One Agency One Innovation, Satu OPD Satu Inovasi”.

Liputan: diskominfo