Simpang Raya– Tradisi halalbihalal yang dilakukan pasca Idulfitri 1439 H terus dijaga oleh Pemerintah Kabupaten Banggai dengan mengunjungi masyarakat yang tersebar di sejumlah kecamatan hingga pelosok desa. Bertempat di Desa Sumber Mulya, Kecamatan Simpang Raya, Bupati Banggai H Herwin Yatim bersama perangkat daerah di kecamatan dan desa, serta masyarakat Nuhon dan Simpang Raya bertatap muka dalam rangkaian halalbihalal, Sabtu (30/6).

Halalbihalal yang dirangkaikan dengan pelantikan ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) di enam belas kecamatan di Kabupaten Banggai ini mengundang KH Abdul Fatah Mahdi, dai dari Jawa Timur sebagai penceramah. Dalam kesempatan itu, Bupati Banggai meminta seluruh pengurus TP PKK fokus berkontribusi pada masalah pengentasan kemiskinan, terutama di sektor pendidikan dan kesehatan.

Mengingat angka kemiskinan di Kabupaten Banggai dalam dua tahun ini menurun hanya sebesar 0,6%, dinilai tidak maksimal. Sementara anggaran yang dikucurkan pemerintah baik pusat maupun daerah dalam bentuk ADD tiap tahunnya terus bertambah. Bahkan Presiden Jokowi menargetkan ADD sebesar Rp 2 miliar per desa di tahun 2019.

Atas dasar itu, Bupati Banggai mengharapkan adanya sinkronisasi antara program desa dengan Pemerintah Daerah sehingga efektivitas kerja bisa tercapai. Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyorot kinerja organisasi perangkat daerah.

“Setiap OPD akan saya evaluasi. Kalau ada camat-camat berprestasi dalam menangani persoalan-persoalan di daerahnya, ini bisa menjadi laboratorium kader untuk mengisi kekosongan perangkat daerah yang tidak maksimal kinerjanya,” tegas Bupati Banggai.

Keenam belas ketua TP PKK Kecamatan malam itu dilantik oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banggai, Hj Mina Mustar Labolo.