BanggaiKab.go.id – Pembukaan kegiatan MTQ  ke XXXIX tingkat kabupaten dibuka oleh Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM. Hadir pula dalam kegiata tersebut, Sekretaris Kabupaten Ir. Abdullah selaku ketua LPPTQ Kabupaten Banggai, Ketua DPRD Kabupaten Banggai H. Syamsul Bahri Mang, unsur forkopimda, kepala kantor kementrian agama, kepala OPD (organisasi perangkat daerah), tokoh politik Djarun Sibay, ketua PHBI Kabpaten Banggai, ketua MUI Kabupaten Banggai, ketua Palang Perah Indonesia Kabupaten Banggai, ketua dpd Laski Kabupaten Banggai, Camat Moiling Hi. Rampia Laamiri sebagai ketua panitia MTQ,  aparatur desa, Dewan hakim MTQ, khalifah dari berbagai kecamatan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda  yang memadati lapangan Argo Mulyo, kecamatan Moilong Desa, Senin (13/11/2017).

Sekira pukul 20.00 Wita acara dimulai dan berlangsung meriah ketika sejumlah undangan dan para peserta bersama-sama mengikuti opening MTQ yang diarak oleh sejumlah mercing band yang diikuti peserta dari 23 kecamatan.

Saat itu bupati Banggai dan unsur forkopimda disuguhkan tarian Molabot dari Sanggar Rompong yang diketuai Subrata Kalape, S.Sn dan dilanjutkan pembacaan  ayat suci alquran.

Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada panitia serta semua elemen masyarakat yang sudah mendukung dan berusaha semaksimal mungkin untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

“Kegiatan MTQ ini sudah menjadi agenda rutin pemerintah pusat dan pemerintah daerah di seluruh wilayah republik Indonesia dan sudah menjadi agenda tiap tahun dalam pelaksanaanya.
Dengan tujuan untuk menjaring bakat Qori dan Qoriah yang selanjutnya akan diikutkan di tingkat provinsi serta menjadikan Alquran sebagai bacaan utama dan mulia,” ujar bupati.

Dalam kesempatan itu, bupati menyamatkan toga kepada dewan hakim sebagai simbolis serta pengambilan sumpah kepada mereka sebagai bentuk tanggung jawab dalam mengawasi dan menilai para peserta dengan sungguh-sungguh.

Diakhir acara unsur forkopimda, ketua panitia dan bupati Banggai membunyikan sirene pertanda acara dibuka dan selanjutnya menyerahkan piala bergilir untuk diperbutkan pada cara tersebut. (***)

 

Liputan : DISKOMINFO