BanggaiKab.go.id – Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM membuka Pelatihan Pemangku dan Serati serta Workshop Lembaga Pengembangan Darma Gita Kabupaten Banggai di hotel Santika Luwuk, Kamis (26/10/2017).

Hadir pula pada acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Samsul Bahri Mang, SE.,SH.,MM dan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, Bali, Ida Bagus Bhasma.

Dalam sambutannya, Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM menyambut baik kegiatan yang digelar oleh umat Hindu di Kabupaten Banggai yang bertemaka “melalui kegiatan pelatihan pemangku dan serati serta workshop LPDG Kabupaten Banggai kita wujudkan pengembangan nilai-nilai agama, kearifan lokal dan budaya untuk memperkokoh semangat kebangsaan.”

Dia berharap dengan kegiatan ini, keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa bisa ditingkat dan lebih memantapkan peran agama sebagai landasan spiritual, moral dan etika bagi pempembangunan sebagai pengalaman pancasila.

“Tema kegiatan kali ini menjadi sangat penting, karena upaya pengembangan nilai-nilai agama, kearifan lokal dan budaya merupakan misi kelima pemerintah kabupaten Banggai,” tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut Bupati Banggai, semua kalangan lapisan masyarakat harus mengambil bagian dalam tugas besar pembangunan daerah kabupaten Banggai melalui pengembangan nilai-nilai agama, kearifan lokal dan budaya untuk mewujudkan kabupaten Banggai bersatu, maju dan mandiri.

“Saya berharap pula melalui kegiatan ini, selain bisa menyatukan visi pelayanan umat, momentum ini juga dapat membawa spirit harmonisasi hubungan dalam konsep Tri Hita Karana yaitu manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesame dan manusia dengan alam,” ucapnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Samsul Bahri Mang, SE.,SH.,MM lebih menekankan pada persatuan dan kesatuan bangsa dengan tidak melihat perbedaan suku dan agama.

“Di sini ini tidak ada perbedaan, semuanya satu yaitu masyarakat Kabupaten Banggai,” tegasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, Bali, Ida Bagus Bhasma yang mewakil bupatinya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dearah kabupaten Banggai yang telah memperhatikan dan menjaga seluruh umat Hindu, warga Bali yang berdomisili di Kabupaten Banggai.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pak bupati yang telah peduli dengan warga kami yang ada di daerah ini, semoga hubungan ini bisa terus terjalin,” harapnya.

Usai ketiga memberikan sambutan, dilanjutkan dengan pemukulan gong dan penyerahan cenderamata dari pemerintah daerah kabupaten Banggai yang diserahkan langsung oleh Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM kepada Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, Bali, Ida Bagus Bhasma. (***)

 

 

 

Liputan : DISKOMINFO