BanggaiKab.go.id, Kintom– Usai meresmikan Pasar Rakyat Batui dan Simpong yang digelar secara simbolis di Batui, Kamis (26/12/2019), Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, bersama Wabup Drs. H. Mustar Labolo, dan Sekretaris Daerah, Ir. Abdullah, M.Si, di perjalanan kembali ke Kota Luwuk, menyempatkan untuk singgah di Kecamatan Kintom dalam rangka melaksanakan Shalat Sunnah Gerhana Matahari.

Shalat yang dilaksanakan di Masjid Nurul Yaqin, Kelurahan Kintom, Kecamatan Kintom itu, digelar karena sebagian wilayah Indonesia pada hari Kamis (26/12/2019) dilintasi fenomena alam Gerhana Matahari Cincin.

Sebelum pelaksanaan Shalat, terlebih dahulu Wabup H. Mustar Labolo yang bertindak sebagai imam, memberikan tausiyah kepada sejumlah jamaah yang merupakan rombongan Bupati Banggai.

Gerhana matahari cincin, adalah merupakan salah satu fenomena alam yaitu ketika bulan berada tepat di tengah-tengah matahari dan bumi, tetapi ukuran tampaknya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran tampak matahari. Alhasil, pinggiran matahari terlihat sebagai cincin yang sangat terang dan mengelilingi bulan yang tampak sebagai bundaran gelap. (KIB)

TIM LIPUTAN BIDANG MEDIA DISKOMINFO BANGGAI