BanggaiKab.go.id.PALU – Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM hadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun 2017 PT. Bank Sulteng di Hotel Mercure, Kamis (12/04/2018).

Rapat tertutup yang dibuka Gubernur  Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki Djanggola, M.Si selaku pemegang saham pengendali PT. Bank Sulteng itu, dihadiri 12 bupati dan 1 walikota, yang notabene kesemuanya sebagai pemegang saham, termasuk Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM.

Gubernur Sulteng, Drs. H. Longki Djanggola, M.Si dalam sambutannya mengatakan, tujuan pembentukan Bank Pembangunan Daerah dimaksudkan untuk menjadi motor penggerak perekonomian daerah. Untuk itu dia mengharapkan, PT. Bank Sulteng harus mampu memfasilitasi pelaku-pelaku ekonomi di daerah yang mengalami kesulitan mendapatkan akses keuangan, khususnya bagi UKM dan IKM.

“Kedepan, PT. Bank Sulteng tidak hanya fokus pada kredit konsumtif, tapi pada kredit yang produktif,” pintahnya.

Gubernur juga menegaskan, berdasarkan laporan keuangan PT. Bank Sulteng menunjukan kinerja yang cukup baik, namun jika dilihat dari perolehan laba tahun 2017 mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena meningkatnya biaya operasional, sehingga mempengaruhi tingkat perolehan laba tahun 2017.

Lebih jauh dia mengatakan, dalam upaya meningkatkan peran PT. Bank Sulteng sebagai bank milik pemerintah perlu mendorong perluasan pelayanan yang berkualitas dan kompetitif. Untuk itu perlu proaktif dalam mencapai dana pihak ketiga yang murah dan meningkatkan kerjasama dengan pihak pemerintah daerah. Sehingga lagi-lagi Gubernur mengimbau kepada pemerintah kabupaten / kota agar menempatkan dana APBD untuk dikelola oleh PT. Bank Sulteng.

“Pada kesempatan ini, saya mengingatkan  seluruh jajaran komisaris, direksi dan staf PT. Bank Sulteng, agar melakukan efesiensi di dalam operasional bank Sulteng. Kedepan dalam meningkatkan perolehan laba perlu adanya transformasi  dalam struktur jenjang operasional PT. Bank Sulteng serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia. Untuk para pemegang saham, saya berharap agar pengelolaan dana APBD dapat diserahkan kepada PT. bank Sulteng,” tutup Gubernur.

Usai membuka RUPS Tahun 2017 PT. Bank Sulteng, kegiatan dilanjutkan dengan rapat pembahasan yang berakhir hingga sore hari. ***

 

 

LIPUTAN : DISKOMINFO