TERHITUNG sejak hari Senin hingga Kamis (16-19/7/2018) mendatang, Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, tidak berada di Luwuk, ibukota Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, karena bupati yang memiliki segudang inovasi ini, dipilih dan diutus oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI) untuk mengikuti Program Leaderpreneurship tahun 2018 di Singapura bersama 10 bupati dan 9 walikota se Indonesia lainnya.

Pemimpin daerah yang inovatif tersebut antara lain, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Walikota Salatiga, H. Yulianto, Walikota Tasikmalaya, Budi Budiman, Walikota Probolinggo, Rukmini, Walikota Sabang, Nazarudin. Walikota Solok, Zul  Elfian, Walikota Jayapura, Banhur Tommy Mano, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dan Walikota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim.

Sementara 10 bupati, selain Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, antara lain, Bupati Purbalingga, H. Tasdi, Bupati Aceh Tamiang, Mursil, Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukomati, Bupati Pakpak Barat, Remigo Yolanda Berutu, Bupati Pelalawan, H.M Harris, Bupati Muna, LaodeMuhammad Rusman, Bupati Kupang, Drs. Ayub Titu Eky, Bupati Belu, Willybrodus, Bupati Berau, Muharram dan Bupati Banjar, KH. Khalilurrahman.

Dengan diutus mengikuti Program Leaderpreneurship oleh LAN RI, diharapkan hal ini bisa dijadikan sebagai kesempatan emas bagi Bupati Banggai bersama 19 pimpinan daerah lainnya untuk belajar dan menambah pengetahuan dalam mendorong program inovasi kedepan.

Pengalaman ini, kiranya bisa dijadikan sebagai pembanding dalam berinovasi pembangunan dari negara yang sudah maju dengan sistem pemerintahan yang efektif dan efisien dalam memonitor, mengawal dan mengevaluasi kegiatan pembangunan dan serta pelayanan publik, yang berujung pada kabupaten Banggai lebih maju lagi. Semoga… (***)