BanggaiKab.go.id – Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM meminta kepada Bank Indonesia Perwakilan Palu, agar memberikan peluang kepada daerah di Sulawesi Tengah, termasuk Kabupaten Banggai untuk masuk dalam perhitungan dan monitoring inflasi tingkat nasional.

“Kami meminta kepada Bank Indonesia untuk berikan peluang daerah, termasuk Kabupaten Banggai masuk dalam perhitungan dan monitoring inflasi tingkat nasional,” ucapnya pada Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2017 yang digelar di Auditorium Best Western Hotel Palu, Selasa (10/10/2017).

Permintaan Bupati Banggai ini sangat beralasan dan masuk akal, karena selama ini pihak Bank Indonesia saat melakukan perhitungan dan monitoring inflasi tingkat nasional, Bank Indonesia Perwakilan Palu selalu memilih Kota Palu sebagai perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah. Padahal saat bersamaan, di daerah lain inflasinya rendah, bahkan terjadi deflasi.

“Selama ini yang mewakili Provinsi Sulawesi Tengah dalam perhitungan inflasi tingkat nasional adalah kota Palu. Dimana ketika terjadi inflasi tinggi di kota Palu, maka seolah-olah itulah gambaran Provinsi Sulawesi Tengah. Padalah disaat yang sama ada daerah kabupaten lain seperti kabupaten Banggai tingkat inflasi sangat rendah, bahkan juga deflasi,” tuturnya.

Selain keperpihakan Bank Indonesia kepada daerah, Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM juga meminta agar forum-forum resmi mendatang, seperti Rapat Koordinasi DKP tingkat provinsi ini, lebih fokus membahas tentang kerjasama antar daerah dalam tingkat kabupaten/kota se Sulawesi Tengah. Tujuan dari itu, kata Bupati Banggai, ketika ada daerah satu memiliki kekurangan, maka daerah lain bisa mensupport daerah tersebut. Yang nantinya berujung pada terjalin kerjasama yang riil, nyata dan pasti menguntungkan bagi masyarakat petani dan nelayan. Seperti, pemasaran hasil-hasil produksinya, sebagaimana tema Rakor DKP tingkat Sulawesi Tengah yakni mewujudkan stabilitas harga pangan yang berkeadilan dan berdaya saing.

 

 

Liputan : Diskominfo