Luwuk,BanggaiKab.go.id – “Saya tegaskan kepada saudara Abdul Malik selaku kadisdukcapil yang baru bahwa pelayanan kependudukan dan catatan sipil bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Banggai tidak ada yang bayar alias gratis,” tegas Bupati Banggai, Herwin Yatim, saat memberikan sambutan pelantikan Abdul Malik sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banggai di ruang rapat umum kantor Bupati Banggai, Senin (22/10/2018).

Ketegasan orang nomor satu di kabupaten paling timur provinsi Sulawesi Tengah itu juga disampaikan kepada seluruh jajaran dinas dukcapil yang ikut menyaksikan pelantikan pimpinan mereka yang baru tersebut.

Kata bupati, dia masih mendapat laporan dari masyarakat tentang adanya punggutan pelayanan kependudukan dan catatan sipil yang dilakukan oleh oknum-oknum dukcapil,  sehingga dia berulang-ulang kali menegaskan agar kepala dinas dukcapil yang baru bisa menyatukan persepsi pimpinan daerah dalam rangka pelayanan dukcapil tersebut.

“Saya minta sedikit kerja keras kepala dinas yang baru dan seluruh jajarannya untuk menyatukan persepsi pimpinan daerah dalam rangka pelayanan yang lebih efektif kepada rakyat,” pintahnya.

 

PENANDATANGANAN BERITA ACARA PELANTIKAN

Penandatanganan berita acara pelantikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banggai, Abd. Malik, SE.,MM. Tampak salah satu saksi, Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Ir. Abdullah, MM, menandatangani berita acara pelantikan tersebut. (STEVEN LAGUNI)

 

Dalam kesempatan itu, Bupati Banggai, Herwin Yatim, memberikan peluang kepada dinas dukcapil untuk memprogramkan dan menganggarkan semua kebutuhan kegiatan pelayanan gratis kepada masyarakat pada tahun anggaran 2019.

“Kalau bicara anggaran, jika benar-benar mau menyelesaikan keluhan masyarakat soal ktp, kartu keluarga dan akte kelahiran serta akte kamatian, maka yang harus silahkan programkan dan anggarkan pada tahun anggaran 2019,” tegas bupati.

Bupati Banggai, Herwin Yatim, tidak mau jika pelayanan tahun 2019 mendatang masih sama dan semakin turun pelayanannya dibanding tahun 2018, sebab terang bupati, hal ini adalah salah satu bagian dari janji politik mereka kepada masyarakat kabupaten Banggai.

“Ini adalah bagian dari janji kami untuk mempermudah mendapatkan ktp, KK dan lainnya. Jangan biarkan mereka menunggu janji-janji kami,” tegas lagi bupati.

Pada kesempatan yang sama, bupati mengingatkan kepada seluruh camat agar bisa membantu pelayanan dukcapil di kecamatan masing-masing, sebab yang berkaitan langsung dengan masyarakat adalah pemerintah kecamatan. (***)

 

 

Tim Liputan Diskominfo Banggai