Jakarta Pusat, BanggaiKab.go.id – Menjadi suatu kebanggaan bagi rakyat kabupaten Banggai, memiliki pemimpin daerah seperti, Herwin Yatim dan Mustar Labolo.

Baru akan melaksanakan tugas selama tiga tahun kepemimpinan mereka, keduanya sudah membawa nama baik kabupaten Banggai di kanca nasional hingga internasional.

Di tahun 2018 ini, kebanggaan itu kembali ditoreh oleh kabupaten paling timur di Provinsi Sulawesi Tengah. Dimana Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) memberikan penghargaan Inagara Award 2018 kepada Kabupaten Banggai, atas prestasinya menciptakan 197 inovasi pemerintahan pada bidang pelayanan publik.

Dari 514 kabupaten/kota se Indonesia, ada 26 daerah yang terdiri dari 18 kabupaten dan 8 kotamadya terpilih mendapatkan penghargaan Inagara Award 2018 yang diberikan langsung oleh Kepala LAN RI, Dr. Adi Suryanto, M.Si di Gedung Makarti Bhakti Nagari LAN RI, Selasa (30/10/2018).

Ternyata dari jumlah tersebut, Kabupaten Banggai berada pada posisi ketiga terbanyak dalam menciptakan inovasi pemerintahan pada bidang pelayanan publik, setelah kabupaten Kotawaringin Timur dengan 310 inovasinya dan kabupaten Agam sebanyak 227 inovasi.

Pada urutan posisi ke empat dan kelima, setelah kabupaten Banggai diisi oleh kabupaten Tanah Bumbu 196 inovasi dan Kabupaten Mentawai 179 inovasi. Sedangkan daerah sedikit inovasi dari 26 daerah tersebut adalah Kabupaten Serang dengan jumlah 51 inovasi.

Bupati Banggai, Herwin Yatim usai menerima penghargaan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya pada pemimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintahan daerah kabupaten Banggai yang sudah bekerja keras dan bekerja sama dalam membawa kabupaten Banggai yang lebih baik.

“Semoga semakin membawa kabupaten Banggai terbaik dan terdepan yang berakhir pada kesejahteraan rakyat Kabupaten Banggai itu sendiri,” harap Bupati Banggai, Herwin Yatim.

Untuk itu, salah satu bupati inovatif di Indonesia ini meminta kepada seluruh pimpinan OPD untuk terus menjalin kerjasama yang selalu terarah dan konsisten serta fokus pada apa yang dikerjakan.

Hal senada dikatakan Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo. Menurut dia, kerja keras, ikhlas, cepat, cerdas dan tuntas adalah yang utama.

“Selamat pak bupati dan kita semua, kerja keras, ikhlas, cepat, cerdas dan tuntas adalah utama,” tutup Wakil Bupati Mustar Labolo, singkat.

Sebagaimana diketahui, pemberian apresiasi inovasi yang diselenggarakan oleh LAN RI merupakan sebuah ajang pemberian penghargaan Inagara Aword kepada pimpinan daerah yang berkomitmen tinggi dalam pengembangan inovasi.

Kunci pelayanan masyarakat di suatu daerah, menurut Kepala LAN RI, Adi Suryanto, tergantung pada pemimpin daerah masing-masing. Jika pimpinan itu, memiliki kemauan untuk membuat perubahan, maka pasti hal itu akan dilakukan dan hal itu dilakukan oleh Bupati Banggai, Herwin Yatim.

“Kriteria untuk mendapatkan penghargaan yaitu harus berhasil mengimplementasikan inovasinya hingga manfaatnya dirasakan oleh masyarakat,” kata Adi Suryanto. (***)

 

DAFTAR DAERAH KABUPATEN / KOTA PENERIMA PENGHARGAAN INAGARA AWARD 2018

 

No.

KABUPATEN / KOTA

JUMLAH INOVASI

1.

Kabupaten Kotawaringin Timur

310

2.

Kabupaten Agam

227

3.

KABUPATEN BANGGAI

197 

4.

Kabupaten Tanah Bumbu

196

5.

Kabupaten Mentawai

179

6.

Kabupaten Kepulauan Aru

168

7.

Kabupaten Probolinggo

145

8.

Kota Surakarta

137

9.

Kabupaten Belu

133

10.

Kabupaten Wakatobi

126

11.

Kabupaten Minahasa Utara

118

12.

Kabupaten Muna

110

13.

Kota Mojokerto

110

14.

Kota Sorong

93

15.

Kabupaten Pelalawan

89

16.

Kota Salatiga

89

17.

Kota Sabang

88

18.

Kabupaten Berau

86

19.

Kabupaten Tuban

78

20.

Kabupaten Dompu

73

21.

Kabupaten Bandung

72

22.

Kabupaten Aceh Tamiang

71

23.

Kota Jayapura

70

24.

Kota Tidore Kepulauan

66

25.

Kota Pare-Pare

61

26.

Kabupaten Serang

51

Sumber : LAPORAN PENYELENGGARAAN APRESIASI INOVASI DAN FORUM REPLIKASI INOVASI LAN RI.

 

Tim Liputan Diskominfo Banggai