BanggaiKab.go.id. Luwuk – Pemerintah Kabupaten Banggai, dalam hal ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Banggai, mendapat kehormatan, karena dikunjungi oleh Tim Kaji Banding dari Dinkes Buton Selatan, terkait Manajemen Program Stunting.

Selama Tiga hari, Rombongan Tim yang dipimpin oleh Asisten I Bupati Buton Selatan, L. M. Muslim T, S.Pd, M.Si, berkunjung ke beberapa tempat untuk melihat langsung bagaimana bagian dari Manajemen Program Stunting, yakni Posyandu Prakonsepsi, yang berhasil masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik di Indonesia dilaksanakan.

Pada hari pertama, Kamis (18/7/2019), Tim Kaji Banding berkunjung ke KUA Kecamatan Luwuk, untuk melihat proses kursus calon pengantin yang menerima materi tentang Posyandu Prakonsepsi dari Dokter di Puskesmas Kelurahan Baru, Kecamatan Luwuk. Di hari yang sama, Rombongan yang berjumlah 21 orang, berkunjung ke Kantor Bappeda dan Litbang, Kabupaten Banggai, untuk mendengarkan pemaparan dari Kepala Bappeda dan Litbang, Ramli Tongko, ST, M.Si.

Jumat (19/7/2019), Rombongan berkunjung ke Desa Indang Sari, Kecamatan Luwuk Timur, guna melihat langsung pengelolaan Manajemen Program Stunting di Desa yang menjadi Lokasi Fokus (Lokus). Malam harinya, Rombongan yang juga diikuti oleh Kadis Kesehatan Buton Selatan, La Ode Budiman, S.KM, M.Kes, dijamu dalam malam ramah tamah oleh Bupati Banggai, H. Herwin Yatim, di Bukit Kasih Sayang, Keles, Luwuk.

Bupati H. Herwin Yatim yang didampingi sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Banggai, memberikan sambutan selamat datang, dan memaparkan sejumlah keberhasilan yang diraih oleh daerah ini, selama berada di bawah kepemimpinan dirinya bersama Wabup H. Mustar Labolo.

Di hari terakhir kunjungan, Sabtu (20/7/2019), usai menghadiri acara pembukaan Rakor PKK Kabupaten Banggai, sebagai undangan kehormatan, di Hotel Swissbelinn Luwuk, Rombongan mengakhiri kunjungann mereka di Pustu Awu, Luwuk Utara, dimana Pustu yang berada di wilayah kerja Puskesmas Biak, Luwuk Utara itu, merupakan salah satu Pustu yang telah berhasil menjalakan alur pelayanan Posyandu Prakonsepsi dengan baik.

Asisten I Bupati Buton Selatan, dalam testimoninya, menyampaikan bahwa Kabupaten Banggai yang awalnya sempat dipertanyakan keunggulannya, justru setelah berkunjung, maka dirinya memuji dan menyatakan bahwa Banggai sudah layak untuk disejajarkan dengan daerah-daerah yang ada di Pulau Jawa dan Bali. Dirinya berjanji akan langsung mengimplementasikan segudang ilmu yang telah diperoleh selama melakukan Kaji Banding di Kabupaten Banggai. (Kib)

TIM LIPUTAN BIDANG MEDIA DISKOMONFO BANGGAI