Koordinasi, integrasi dan sinkronisasi aparat Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat dengan instansi terkait mutlak dilakukan dalam mengawal pilkada serentak 2018.

Hal ini jadi penekanan Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan HUT Satpol PP ke – 68 dan Satlinmas ke – 56 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018, pada Rabu (21/3), di halaman Kantor Bupati Sigi Sulawesi Tengah.

Perayaan HUT kedua satuan ini kata gubernur yang membaca sambutan tertulis Mendagri Tjahjo Kumolo, sangat istimewa karena bertepatan dengan tahun politik nasional.

Di tingkat Sulteng sendiri ada 3 kabupaten yang akan melaksanakan pilkada pada 27 Juni nanti yaitu, Kabupaten Donggala, Morowali dan Parigi Moutong.

Gubernur Sul-teng dan Wakil Bupati Banggai saat menghadiri HUT Satuan Polisi Pamong Praja, [FOTO: Ronal Putje]
“Karena biasanya potensi gangguan terhadap penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat akan meningkat sangat tajam,” ujar gubernur, pada seluruh aparat Satpol PP dan Satlinmas se Sulteng.

Karena itu, Mendagri lewat Gubernur Longki Djanggola menghimbau 4 hal pada kedua satuan yaitu :

1. Harus bertindak netral atau bebas dari intervensi politik dalam melaksanakan tugas.

2. Proaktif mencermati gelagat dinamika kewilayahan demi menjaga stabilitas dan keamanan jelang pilkada serentak di Sulteng.

3.Mendeteksi dan mencegah potensi gangguan ketentraman dan ketertiban umum secara dini di wilayah tempat tinggal masing-masing.

4. Khususnya Satlinmas diharapkan dapat bertugas optimal membantu petugas KPPS saat hari pungutan suara.

Pada kesempatan itu, Gubernur Longki Djanggola menerima kembali Bendera Pataka tuan rumah pelaksana HUT Satpol PP dan Satlinmas dari Bupati Sigi Muh. Irwan Lapata untuk diteruskan kepada Bupati Tolitoli Moh. Saleh Bantilan yang jadi tuan rumah berikutnya.

Selain upacara, seremoni HUT juga dimeriahkan dengan simulasi pemadaman api dan penyelamatan korban kebakaran oleh damkar Kota Palu, serta panggung hiburan kreativitas Satpol PP dan Satlinmas se Sulteng.

Turut hadir di acara itu, aleg DPRD provinsi, para Bupati/Wakil bupati, walkot dan wawalkot, kepala-kepala Satpol PP se-Sulteng, Forkopimda dan para pejabat pemerintahan di kabupaten Sigi./(Bagian Humas dan Protokoler Sulawesi Tengah).

     

Liputan: Diskominfo