Luwuk, BangaiKab.go.id, Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Banggai dan bekerja sama dengan  Diskominfo Provinsi Sulteng menggelar temu wicara dengan sejumlah media cetak dan elektronik, Bertempat di Cafe Bukit Kasih Sayang, Kaleke, Kecamatan Luwuk, Rabu (21/11/2018) kemarin.

Kegiatan diketahui untuk merumuskan dan merealisasikan salah satu program Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran  Komunikasi Publik Diskominfo, Persandian dan Statistik Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan juga dilaksanakan dan disesuaikan dengan surat edaran dari Ketua KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Mamua, nomor: 008/KIM-MAMUA/XI/2018 tanggal 13 November 2018 tentang kerja sama kegiatan forum diskusi lintas media di Kabupaten Banggai.

Ada beberapa kesenjangan informasi menurut Kabid Pengelola Informasi dan Komunikasi Publik Sjamsudin Saida yang harus diperhatikan yakni, dengan harus melihat sumber informasinya dan sesuai dengan fakta.

“Informasi harus difilter (saring), karena ada berita yang kedengarannya benar tetapi bohong atau Hoax,”Pungkas Sjamsudin, kesenjangan informasi seperti ini harus di tindak lanjuti dan kepada segenap media juga Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banggai harus lebih teliti untuk menerima informasi dan menyebarkannya.

Hadir bersama dalam temu wicara; Media cetak Banggai Raya, Luwuk Post, Banggai News, Radar Sulteng, Obor Matindok, Media Online Antara News Sulteng, Trans Sulawesi, Portal Luwuk Today, Kasie Pengelolaan Informasi Publik, Anggota KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Mamua Kecamatan Batui dan tamu undangan lainnya.

Sementara itu, Segenap media berdiskusi dan melahirkan kesepakatan, agar kedepannya nanti Pemerintah Daerah bisa melahirkan Rekomendasi kerja sama dengan media, baik itu media lokal ataupun media online dan harus ada Mou yang sesuai dengan prosedural.

Menurut Kasie Pengelolaan Informasi Publik Diskominfo Kabupaten Banggai Irawati, Secara regulasi kita sementara menyusun suatu program yang sangat menyentuh dengan media dan langkah-langkah untuk penyebarluasan informasi public, “upaya kerja sama akan kita sesuaikan dengan anggaran yang ada di Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Banggai, demi kemajuan dalam pelayanan informasi ke masyarakat,”Tutupnya

 

 

 

 

Liputan : Diskominfo