Banawa, BanggaiKab.go.id – Usai menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp750 juta kepada Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, di ruang kerjanya, Selasa (23/10/2018), Bupati Banggai, Herwin Yatim, Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo, Kapolres Banggai, AKBP Moch Sholeh dan Sekertaris Daerah Kabupaten Banggai, Abdullah Ali serta beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Dearah (OPD) lainnya melanjutkan perjalanan menuju Banawa, ibukota Kabupaten Donggala.

Di sana, rombongan Bupati Banggai diterima oleh Bupati Donggala, Kasman Lassa bersama jajarannya di rumah jabatan bupati. Kendati kondisi masih berduka, tapi bupati Kasman mencoba memberikan pelayanan prima kepada setiap tamu yang datang ke sana.

“Selamat datang pak bupati dan pak wakil bupati di tempat kami,” ucap Bupati Donggala Kasman Lassa kepada Bupati Banggai, Herwin Yatim dan Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo sambil berjabatan tangan.

Setelah memperkenalkan rombongan pejabat dari Kabupaten Banggai dan sebaliknya, suasana hening dan mengharukan terjadi saat itu, dimana mantan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah ini menceritakan kembali peristiwa bencana alam yang menimpah ratusan ribu jiwa rakyatnya, pada Jumat (28/9/2018) silam.

Kendati sempat larut dalam suasana hening, Bupati Donggala, Kasman Lassa, mencoba untuk bangkit dari duka itu dengan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah kabupaten Banggai yang telah mengunjungi mereka sebagai korban bencana alam yang tidak pernah diinginkan.

“Saya bangga dan mengucapkan terima kasih kepada bupati dan wakil bupati Banggai yang hari ini berkunjung ke sini yang memberikan semangat serta memotivasi kepada kami untuk bangkit dari duka ini,” katanya.

Diakui Kasman, dari 321 ribu jiwa masyarakat Kabupaten Donggala yang berdomisili di 11 kecamatan, ada kurang lebih 104 ribu jiwa yang menjadi korban bencana alam gempa bumi dan tsunami.

Dari jumlah tersebut, lanjut bupati Kasman, ada yang selamat, ada yang meninggal dunia dan ada pula yang hingga kini belum diketahui keberadaannya alias hilang, termasuk 21 ASN yang bertugas di lingkup pemerintahan kabupaten Donggala.

 

PENYERAHAN BANTUAN IKAN GARAM

“Sebagai rasa simpati dan empati kami, saat ini kami menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp210 juta dan bantuan ikan garam seharga Rp40 juta,” ucap Bupati Banggai, Herwin Yatim dan Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo. (STEVEN LAGUNI)

 

Mendengar cerita yang disampaikan orang nomor satu di Donggala itu, Bupati Banggai, Herwin Yatim dan Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo, menyatakan turut berduka cita atas peristiwa bencana alam yang tidak diinginkan tersebut.

“Sebagai rasa simpati dan empati kami, saat ini kami menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp210 juta dan bantuan ikan garam seharga Rp40 juta,” ucap keduanya.

Dengan diserahkan bantuan tanggap darurat yang diambil dari dana APBD Kabupaten Banggai Tahun 2018, bupati Herwin Yatim dan wakil bupati Mustar Labolo berharap hal ini bisa meringankan beban rakyat Donggala.

Usai dilakukan serah terima, masing masing mengucapkan yel-yel, Donggala Bangkit, Banggai Sejahtera. (***)

 

 

Tim Liputan Diskominfo Banggai