Luwuk– Inovasi pelayanan “jemput bola” Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Banggai kali ini menyasar siswa-siswi di Kota Luwuk. Kamis (12/7/2018), pegawai Dukcapil Banggai melakukan perekaman dan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi siswa-siswi di SDN Maahas.

Di hadapan para siswa, guru, dan orang tua siswa, Kepala Bidang Inovasi dan Pemanfaatan Data Dukcapil Banggai, Sudrianto, mengatakan bahwa KIA wajib dimiliki oleh seluruh anak Indonesia yang berusia di bawah tujuh belas tahun.

“Di KIA sudah lengkap terlampir nomor identitas (NIK), nama orang tua, nomor KK (kartu keluarga), dan nomor akta kelahiran,” terang Sudrianto. Dengan kelengkapan data ini, pemilik KIA akan memperoleh kemudahan dalam pengurusan kelengkapan administrasi saat pendaftaran masuk sekolah, tanpa perlu menyertakan KK dan akta kelahiran anak.

Selain itu, berbagai macam program bantuan pemerintah untuk anak seperti bantuan dana BOS, berobat di puskesmas, akan lebih mudah diproses dengan adanya KIA.

Saat ini Dukcapil Banggai telah mencetak seribu lebih KIA. Sudrianto berharap agar seluruh anak di Kabupaten Banggai bisa terkover sebagai pemilik KIA.

   

Liputan: Diskominfo