Pemerintah Kabupaten Banggai terus menunjukan kerja-kerja lintas sektoralnya, kali ini Kecamatan Bunta “unjuk diri”. Camat Bunta Ismed M. Wardhana, S.STP, Msi dalam kegiatan yang dikemas dengan tajuk BUNTA EXPO 2017 menyampaikan bahwa kegiatan kali ini adalah ajang unjuk publikasi, setiap pesertanya yang notabene berasal dari 18 Desa dan 4 Kelurahan seKecamatan Bunta diwajibkan untuk menayangkan kepada pengunjung program pembangunan yang telah dilaksanakan. Khususnya bagi desa, menjadi prioritas utama untuk mempublikasikan wujud pengelolaan Alokasi Dana Desa yang telah diterima dan dilaksanakan selama kurun waktu 3 tahun ini.

Kegiatan Expo Bunta (21/11) Bertempat dilapangan Bunta Kecamatan Bunta, diawali dengan laporan ketua panitia Ramli Pakaya, SH. disaksikan berbagai unsur Pemerintah Daerah. Bupati Banggai Herwin Yatim, Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo, Ketua DPRD Banggai Samsul Bahri Mang, Forkopimda bersama Forkopimcam.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Banggai, Herwin Yatim. Mengapresiasi kepada Camat dan Forkopimcam, juga Kepala Desa atas terlaksananya acara tersebut.

Siapa sangka daerah non investasi ternyata punya potensi yang sangat baik. Acara ini tidak boleh seremonial saja. Tapi bisa ditampilkan dengan baik dalam penggunaan anggaran dalam pembangunan Desa. Oleh karena itu ingin saya sampaikan, ke depan Insha Allah anggaran kita melalui ADD, intervensi kita mengenai kelangkaan pupuk. Melalui ADD harus memperhatikan itu. Kami juga melalui dinas holtikultura agar bisa mengadakan pupuk. Desa juga melalui ADD juga diharapkan untuk dapat berpartisipasi. Melalui ADD juga tidak boleh lagi ada anak yang putus sekolah. Tidak boleh lagi ada anak yg putus sekolah karena tidak ada baju atau ada pungutan biaya. Kita lagi sharing dengan pemprov untuk kerja sama, agar tidak bayar mahal. Pak kades tolog di jaga agar anak-anak kita jangan ada yang tidak sekolah. Indeks pembangunan manusia kita kalah dari poso, di sana anak-anak mereka rata-rata sampai SMA,  berdasarkan data Badan Pusat Statistik, sementara kita rata-rata hanya sampai kelas 2 smp. Melalui Kepala Desa atau Camat bisa mengajukan ke Kepala Dinas Pendidikan agar dapat dibantu ketika ada anak yang butuh bantuan pendidikan. Ke depan kita akan kerja sama melalui ADD”. Herwin Yatim.

Berbagai agenda dirangkai dalam kegiatan tersebut. Dimulai dengan pelantikan Forum Kepala Desa, diKetuai oleh, H. Arsad Iradati, (Kepala Desa Pongian). Setelah pelepasan balon keudara sebagai tanda dibukanya kegiatan. Pemotongan “Nasi Jaha” oleh Bupati Banggai sepanjang 5meter persembahan Kelurahan Salabenda, menu kuliner khas daerah dengan balutan bambu tersebut mendapat perhatian lebih dari para pengunjung yang hadir pada kegiatan. Setelah Mengakhiri kunjungan di setiap Stand Expo Bunta 2017. Unsur Pemerintah Daerah membagikan bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Banggai kepada kelompok masyarakat, dan masih banyak kegiatan lainya sampai pada pemberian Piagam Penghargaan bagi Desa dan Kelurahan yang berhasil melunasi pajak 100%. Kegiatan pembukaan Expo Bunta 2017 berakhir pada pukul 17:30 bersamaan Unsur Pemerintah Kabupaten Banggai meninggalkan lapangan kegiatan.