Banggai.go.id _  Festival  gelora pagimana(FGP) Dan expo, secara resmi dibuka oleh Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM. Dalam kesempatan itu dihadiri oleh unsur Forkopimda, Bupati Dan Wabup Banggai kepulauan, Bupati Banggai Laut, Perwakilan DPRD kabupaten banggai, Sekretaris Kabupaten Drs, Abdullah, Kementrian pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, Tim BTB(Banggai Tourism board)Manajemen Event  FGP, Artis senior Ibu kota Lydia Kandaw,  Unsur camat Se-Kabupaten  Banggai, Perwakilan OPD(Organisasi Perangkat Daerah), Tokoh adat, Tokoh agama, Tokoh pemuda, Aparatur Desa dan Masyarakat. Sabtu,(10/02/2018)*

Acara Akbar yang digelar di Kecamatan Pagimana itu, Dilaksanakan ditribun 12 februari . Gebyar event kepahlawanan, olahraga dan kepariwisataan, memperingati  hari patriotik dan mengenang peristiwa sejarah heroik , Berbagai rangkaian acara yang perlihatkan dan ditampilkan, Mulai dari promosi keindahaan Pulau Tinalapu dan Dondolan,  Kreasi tari massal, Etnikalisasi musik Babasal, Hingga pagelaran Stand expo.

Sekira pukul  14.00 Wita Acara dimulai, kegiatan di awali dengan tarian molabot (Tari menyambut) , Sebelum membuka expo, Gubernur provinsi sulawesi tengah memberikan sambutan, Dan dalam hal ini diwakilkan oleh bupati banggai.

“ Atas Nama pribadi dan pemerintah Daerah provinsi sulawesi tengah, Saya dengan bangga Menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan  Festival gelora Pagimana yang Sangat efektif, sebagai sarana promosi untuk memasarkan keindahaan, kekayaan objek pariwisata kabupaten banggai ke khalayak luas. Disamping itu Festival ini juga bertujuan penting untuk menapaktilasi peristiwa heroik yang pada saat itu melibatkan para pejuang pagimana untuk merebut kekuasaan dari penjajah belanda,” Tegasnya.

Bupati banggai juga menambahkan dalam sambutannya  “ Ini merupakan suatu ajang bergengsi, Memperkenalkan kepada seluruh lapisan masyarakat dan dunia atas peristiwa heroik 12 februari Tersebut, Dan keinginan bersama untuk mengangkat potensi kearifan lokal didaerah kabupaten Banggai yang kita cintai ini, Sehingganya masyarakat dapat menilai dan merasakan kekuatan dari Pada kearifan lokal itu untuk dapat memperkokoh kesatuan dan kesatuan didaerah kabupaten Banggai,”Ujar Bupati yang dalam Pidatonya Didampingi oleh wabup dan putra-putri banggai.

Setelah dibuka, Ditandainya dengan pemukulan pentongan bambu secara bersama, Bupati banggai, Unsur forkopimda, Pemerintah kabupaten banggai laut dan banggai kepulauan Langsung Mengunjungi stand Expo yang berada tepat dilokasi acara FGP(Festival gelora pagimana)2018. Dilanjutkan dengan Kunjungan ke lokasi pelelangan ikan (TPI) dipasar Tradisional.

 

      

                                  

Liputan : Diskominfo