Memaknai Nilai Historis Hari Patriotik 12 Februari 1942

BanggaiKab.go.id, Pagimana– Setiap tanggal 12 Februari sejak 78 tahun lalu, warga masyarakat Kecamatan Pagimana, selalu mengenang peristiwa heroik bersejarah penyerangan penjajah Belanda oleh para pejuang asal kecamatan itu.

Oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai, sejak dipimpin oleh Bupati Ir. H. Herwin Yatim, MM dan Wabup Drs. H. Mustar Labolo, atau tepatnya mulai tahun 2018, refleksi peristiwa tersebut terus digelorakan semangatnya lewat pelaksanaan kegiatan Festival Gelora Pagimana.

Tahun ini, adalah pelaksanaan yang ketiga kalinya, dan kegiatan kembali dipusatkan di Lapangan 12 Februari, Kecamatan Pagimana, pada hari Rabu (12/2/2020). Untuk menyemarakkan kegiatan tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai bersama Dinas Pemuda dan Olahraga serta Pemerintah Kecamatan Pagimana, berkolaborasi menggelar beberapa event seperti Napak Tilas, Pagimana Expo, Refleksi lewat aksi teatrikal dan tarian kolosal, pawai Bentor hias, serta sejumlah lomba.

Bupati H. Herwin Yatim bersama rombongan, tiba di lokasi acara dengan kendaraan bentor hias yang diarak dari Desa Lambangan.

Dalam sambutannya, Bupati H. Herwin Yatim, menegaskan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut adalah merupakan wujud nyata dari perhatian dirinya sebagai kepala daerah beserta seluruh jajaran pemerintah, untuk terus menggelorakan dan menanamkan semangat patriotisme yang telah dirintis oleh para pahlawan asal kecamatan pagimana sejak dahulu.

Teatrikal oratorium refleksi 12 februari pagimana

Kegiatan itu sendiri dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulteng, yang diwakili oleh Asisten I, Ir. M. Faizal Mang, M.Si, serta dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Rektor Universitas Gunadarma, unsur Forkopimda, sejumlah Pimpinan OPD, Camat, serta Lurah dan Kades se Kecamatan Pagimana dan sekitarnya.

Sebelumnya, Bupati H. Herwin Yatim, melepas rombongan peserta Napak Tilas yang berjumlah 25 regu dengan total 375 orang yang menempuh dua etape, yakni etape 1 dari Lapangan Kodim menuju Desa Biak, Luwuk Utara dan etape 2 dari Desa Lambangan menuju Lapangan 12 Februari, Kecamatan Pagimana.

Pada aksi teatrikal, juga ditampilkan adegan penurunan bendera Merah Putih Biru milik Belanda dan dirobeknya warna Biru sebagai simbol semangat patriotisme oleh Rudi Purwanan K. Bulla, yang merupakan perwakilan keluarga keturunan pahlawan pelaku sejarah, T.S. Bulla.

Kegiatan juga dirangkaikan dengan penyerahan 864 Kartu Nelayan Sejahtera dari Dinas Perikanan, yang diserahkan secara simbolik oleh Bupati H. Herwin Yatim.

Ribuan warga Pagimana dan sekitarnya yang hadir, juga terhibur dengan penampilan artis legendaris asal Jakarta, Dewi Yull. **

Tim Liputan Bidang Media Diskominfo Banggai