Bupati Banggai, H. Herwin Yatim bangga Festival Pulo Dua masuk 100 CoE Kemenpar RI. Tampak bupati bersama tim Banggai Tourism Board (BTB) dibawah pimpinan Moh. Yusuf Dino Gobel sedang memberikan keterangan dalam jumpa pers yang digelar di rumah jabatan Bupati Banggai, Jumat (21/12/2018). (Diskominfo Banggai)

 

Luwuk, Banggai.Kab.go.id – Suatu kebanggaan bagi masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, dimana penghujung tahun 2018, pemerintah Republik Indonesia melalui kementerian-kementeriannya masih mempercayakan Kabupaten Banggai sebagai tuan rumah event-event nasional.

Salah satu kegiatan nasional yang belum lama ini dilaksanakan di Kabupaten Banggai adalah Peringatan Hari Nusantara Nasional Tahun 2018. Kegiatan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Bidang Kemaritiman yang dipusatkan di pelataran halaman Pelabuhan Tangkiang, Desa Kalolos, Kecamatan Kintom, Kamis (13/12/2018) lalu, dihadiri langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo.

Atas keberhasilan penyelenggaraan kegiatan akbar tersebut, pemerintah pusat kembali mempercayakan Kabupaten Banggai menjadi tuan rumah pelaksanaan peresmian lima bangunan bandar udara di wilayah pulau Sulawesi.

Kegiatan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan disaksikan Ibu Negara Indonesia bersama jajaran menteri kabinet kerja, kerja, kerja.

Belum terlaksananya kegiatan itu, di sela-sela mempersiapkan kunjungan Presiden RI, kembali Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai mendapat informasi kegiatan nasional yang akan dipusatkan di Kabupaten Banggai pada tahun 2019 mendatang.

Dimana Kementerian Pariwisata Republik Indonesia telah memutuskan Festival Pulo Dua, yang dicanangkan zaman pemerintahan BupatI Herwin Yatim dan Wakil Bupati Mustar Labolo ini, masuk pada 100 Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata Tahun 2019.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah pusat kepada Kabupaten Banggai untuk menjadi tuan rumah event nasional tahun 2019 mendatang,” ucap Bupati Banggai, H. Herwin Yatim, dalam jumpa pers yang digelar di rumah jabatan bupati Banggai, Jumat (21/12/2018).

Dia mengucapkan terima kasih kepada tim Badan Pengembangan Pariwsata Kabupaten Banggai, Banggai Tourism Board (BTB) dibawah pimpinan Moh. Yusuf Dino Gobel bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai yang telah bekerja keras mempromosikan kabupaten Banggai, lebih khususnya obyek wisata Pulo Dua.

“Meski kami baru memperkenalkan destinasi wisata di tingkat nasional maupun mancanegara, namun kami bangga Festival Pulo Dua masuk dalam kalender nasional Kemenpar tahun 2019 mendatang,” lagi ucap Herwin.

Dia berharap, dengan masuk dalam event nasional tersebut, kehidupan perekonomian masyarakat di Kabupaten Banggai, khususnya yang ada di lokasi kegiatan yakni di kecamatan Balantak Utara bisa meningkat.

Hal senada dikatakan Ketua BTB, Moh. Yusuf Dino Gobel bersama Sekretarisnya, Thaty Ariyati Laha. Menurut keduanya, kepercayaan Kemenpar ini tidak akan disia-siakan oleh orgasnisasi pariwisata yang mereka kelolah.

“Kami siap menyukseskan kegiatan ini,” katanya. (***)

 

Tim Liputan Dinas Kominfo Kabupaten Banggai