BanggaiKab.go.id. Luwuk – Pelaksanaan kegiatan Festival Pulo Dua (FPD) tahun 2019, yang telah masuk dalam agenda 100 Calendar of Event Kemenpar RI, berjalan dengan lancar dan sukses.

Sejak dibuka dengan resmi oleh Menteri Susi Pudjiastuti, di Pelataran RTH Teluk Lalong, Kamis (25/7/2019), sejumlah kegiatan kemudian dipusatkan di lokasi acara di Desa Pulo Dua, Kecamatan Balantak Utara. Bahkan salah satu kegiatan yakni Lomba mengupas kelapa, juga turut dimeriahkan dengan penampilan Menteri Susi yang tak mau ketinggalan mempelihatkan keahliannya mengupas kelapa dengan alat tradisional.

Keberhasilan dan kesuksesan pelaksanaan Festival Pulo Dua, tak lepas dari kepiawaian Bupati Banggai, H. Herwin Yatim dalam melobi sejumlah pihak. Tak tanggung-tanggung, sejumlah undangan VIP hadir dan meramaikan kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 25 Juli sampai dengan 28 Juli 2019 itu.

Bahkan Menteri Susi, secara khusus bersama keluarga, menghabiskan waktu selama 3 hari penuh di Balantak Utara.

Diantara yang hadir adalah, sejumlah Dirjen KKP dan Kepala BKIPM, DR. Rina yang mendampingi Menteri Susi bersama DR. Sugeng dari Kemenko Maritim. Hesty Reka, Ketua Koordinator CEO Pariwisata Nasional Kemenpar RI, Gubernur Sulteng yang diwakili oleh Sekprov DR. Hidayat Lamakarate, Wakil Dubes China untuk RI, Owner Penerbangan Lion Grup China Manado, Pengurus dan Penasehat ASITA Pusat, Chris, yang merupakan Direktur Bursa Efek Indonesia Jakarta bersama Rombongan, Bupati dan Wabup Se Sulteng, serta Bupati dari daerah lain, diantaranya Bupati Bonebolango, Provinsi Gorontalo, serta Ketua PMI Pusat, H. Muadz dan rombongan dan tak ketinggalan Kwarcab Pramuka se Sulteng.

Bupati H. Herwin Yatim juga mengucapkan terima kasihnya kepada masyarakat Kabupaten Banggai, terkhusus masyarakat di Balantak Utara dan sejumlah pihak, diantaranya Ketua BTB dan pengurus, Panpel Daerah Provinsi dan Kabupaten, Asosiasi Puskesmas se Kabupaten Banggai, Camat se Kabupaten Banggai, teristimewa camat Balantak Utara bersama Ketua PKK Kecamatan Balantak Utara, Kades dan BPD se Kecamatan Balantak Utara, Ketua KNPI dan seluruh pemuda, Ketua LSM GAM, Lahmudin Massa bersama anggota, Organisasi Masyarakat Pokobondolong dan sejumlah LSM lainnya.

Bupati H. Herwin Yatim berpesan, bisa terus bersama-sama berpartisipasi memajukan pariwisata Kabupaten Banggai, salah satunya dengan senantiasa menjaga ekosistem laut Pulo Dua. (Kib).

 

TIM LIPUTAN BIDANG MEDIA DISKOMINFO BANGGAI